Tim Basket Putra Indonesia Raih Medali Emas Kalahkan Filipina

blok-a-com – Tim basket putra Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas pada perhelatan SEA Games Vietnam 2021. Perjalanan tim basket putra Indonesia tergolong sempurna, setelah memetik enam kemenangan dari total tujuh peserta dalam sistem round robin.

Sejarah manis bola basket Indonesia di SEA Games 2021 tersebut tercipta usai skuad Merah Putih di bawah kepelatihan Mlios Pejic mengalahkan Filipina.

Indonesia menang 85-81 atas raja bola basket Asia Tenggara, Filipina. Artinya, skuad Garuda tak terkalahkan di SEA Games 2021 dalam 5 pertandingan.

Pertandingan final basket SEA Games 2021, Indonesia vs Filipina, berlangsung di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5) sore WIB.

Dalam sejarah SEA Games, Indonesia sebelumnya belum pernah membawa pulang medali emas.

Sebelum mencetak sejarah dalam ajang SEA Games 2021 Vietnam, Tim basket putra Indonesia mendapatkan motivasi yang diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di kamar ganti. Hal tersebut ternyata memberikan dampak positif bagi pasukan Merah Putih untuk mengalahkan Filipina pada laga final di Thanh Trì District Sporting Hall, Minggu (22/5/2022).

“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pemain yang sudah berjuang sampai di laga terakhir hari ini, karena nanti pertandingan yang menentukan medali emas, saya minta pemain untuk tidak emosi di lapangan. Bermain lepas saja dan berikan yang terbaik,” ujar Menpora Amali.

Filipina bukanlah lawan yang mudah karena merupakan juara bertahan sebanyak 13 kali di ajang SEA Games dan menjadi raja Asia Tenggara. 

Namun semangat pemain Indonesia begitu membara hingga akhirnya mampu meraih medali emas untuk pertama kalinya di cabang basket. (hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?