Selamat Hari Pemadam Kebakaran Internasional 2023! Ini Kisah Perjuangan Petugas di Kota Malang Padamkan Api Hingga Sesak

Salah satu petugas pemadam kebakaran di Kota Malang, Anang Yuwono setelah kolaps setelah berusaha padamkan api di Malang Plaza (dok. Damkar Kota Malang for blok-a)
Salah satu petugas pemadam kebakaran di Kota Malang, Anang Yuwono setelah kolaps setelah berusaha padamkan api di Malang Plaza (dok. Damkar Kota Malang for blok-a)

Kota Malang, blok-a.com – 4 Mei 2023 atau hari ini diperingati sebagai hari pemadam kebakaran internasional.

Hari pemadam kebakaran pada tahun 2023 ini mungkin begitu emosional untuk tim pemadam kebakaran di Kota Malang.

Sebab dua hari sebelum hari tersebut di tahun 2023 ini, para petugas penjinak api di Kota Malang harus berjibaku dengan kobaran api di Malang Plaza.

Seperti diketahui, Malang Plaza kebakaran hebat pada Selasa (2/5/2023) kemarin. Hampir 12,5 jam tim pemadam kebakaran di Kota Malang harus merasakan sesak nafas dan panas untuk memadamkan mal tiga lantai itu.

Salah satu yang sesak nafas dan sempat kolaps gegara memadamkan api di Malang Plaza adalah Anang Yuwono, Dia adalah petugas Pemadam Kebakaran Kota Malang yang berada di lokasi.

Beberapa jam setelah memadamkan api, Anang mengaku kewalahan. Dia merasakan sesak nafas dan harus ditandu keluar dari bara api yang ada di Malang Plaza.

Anang menjelaskan, dia merasakan sesak nafas itu saat di lantai dua. Banyak handphone yang terbakar dan memunculkan bau menyengat.

“Memang pemadaman yang cukup sulit di lantai 1 dan 2. Nah yang di lantai 2 ini saya sempat kewalahan karena banyak HP terbakar memunculkan bau yang menyengat. Kondisi perlengkapan pernafasan saya hilang,” ujarnya.

Anang pun saat keluar langsung mendapatkan bantuan alat pernafasan dari ambulans. Meskipun bekerja dengan mempertaruhkan kesehatan bahkan nyawa Anang tidak terbesit untuk berhenti menjadi pemadam kebakaran.

“Memang berat karena ini kebakaran besar. Tapi bagaimana pun ini adalah tugas kami (Pemadam Kebakaran),” ujarnya.

Itulah perjuangan tim pemadam kebakaran di Kota Malang untuk memperingati hari pemadam kebakaran internasional 2023.

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?