Residivis Lakukan Pencurian Lagi di Rumah Warga Sempu Banyuwangi, Tertangkap di Makam

Pencurian
Ilustrasi pencurian (ist.)

Banyuwangi blok-a.com – Unit Reskrim Polsek Sempu, Banyuwangi berhasil ungkap kasus dugaan tindak pidana pencurian dan pemberatan yang dilakukan residivis bernama Santoso alias Menyok (49)

Kapolsek Sempu AKP Karyadi mengatakan, terduga pelaku merupakan warga Dusun Tugung, RT 04 RW 01, Desa Sempu, Kecamatan Sempu.

“Tempat kejadian perkara (TKP) pencurian di rumah Gimin (41) warga Dusun Parastembok, RT 05 RW 03, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu,” kata AKP Karyadi, Minggu (16/4/2023).

Kronologis kejadian berawal pada hari Jum’at (14/4/2023) sekitar pukul 13.00 WIB. Pada saat korban sedang bekerja di sawah dia mendapat telepon dari saksi Suroto bahwa ada orang yang masuk ke dalam rumahnya.

“Sehabis menerima telepon sontak Gimin langsung pulang ke rumahnya. Setibanya di rumahnya dia melihat Menyok keluar dari rumahnya dan langsung melarikan diri sehingga pelapor bersama saksi melakukan pengejaran,” jelasnya.

Terduga pelaku yang merupakan residivis itu berhasil ditangkap di area makam Dusun Parastembok. Selanjutnya atas kejadian tersebut pelapor melaporkan kejadian ke Polsek Sempu.

“Dari keterangan yang disampaikan, korban seringkali mengalami kehilangan uang yang disimpan di rumahnya di dalam kaleng biskuit ketika rumah dalam keadaan kosong ditinggal bekerja,” bebernya.

Keterangan korban diperkuat dengan pengakuan pelaku saat di interogasi petugas. Pelaku juga mengakui bahwa sebelumnya pernah mengambil uang milik korban yang diletakkan di dalam kaleng biskuit saat rumahya kosong ditinggal bekerja.

“Terlapor merupakan residivis kambuhan yang sebelumnya pernah dihukum 2 kali kasus pencurian. Yaitu kasus pencurian barang rongsokan dengan vonis 8 bulan, lalu kasus pencurian bebek tahun 2013 vonis 8 bulan,” jelasnya.

“Pelaku kita kenakan kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 ayat (1) ke 5e Jo 53 ayat (1) KUHP,” tambah AKP Karyadi. (kur/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?