Puluhan Tahun Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Desa Jatiroto Krisis Kepercayaan Terhadap Pemkab Jember

Jember blok-a.com – Akses jalan di desa Jatiroto, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember rusak parah. Ironisnya, kondisi itu sudah berlangsung sekitar 75 tahun yang lalu. Hingga kini, pemerintah belum memperbaiki kerusakan jalan tersebut.

Padahal, Mulai awal tahun ini, Pemkab Jember sudah melaksanan Proyek multi years perbaikan jalan rusak yang direncanakan akan memperbaiki jalan sepanjang 922.899 km di seluruh Kecamatan di Kabupaten Jember.

Sayangnya, kondisi jalan di desa Jatiroto ini masih sangat memprihatinkan, bahkan belum ada tanda-tanda akan dibenahi.

“Wong dari saya lahir sampai sekarang masih belum ada perbaikan sama sekali, padahal desa lainnya sudah bagus jalannya,” kata salah satu warga saat memberi keterangan pada awak media, Selasa (5/7/2022).

Puluhan tahun jalan rusak di desa Jatiroto tidak pernah diperbaiki. (foto: blok-a.com/Yas)

Seperti yang diungkapkan Anas, salah satu warga Jatiroto ini mengaku, kesal dengan Pemkab Jember, sebab sudah lama jalan tersebut dibiarkan rusak dan hanya dilakukan pengukuran tetapi tidak ada perbaikan, seolah pembangunan jalan diwilayahnya didiskriminasikan.

“Kepercayaan kita pada Pemkab sudah menipis, karena hanya dilakukan pengukuran-pengukuran saja tetapi tidak ada perbaikan sampai saat ini,” ungkapnya.

Padahal, lanjut dia, di beberapa desa lainnya ada juga pembangunan jalan yang sepertinya menjadi perhatian lebih oleh Pemkab.

Kades Jatiroto, M. Saleh

“Desa lainnya sudah bagus jalannya. Tapi anehnya, kenapa jalan didesa kami ini nggak juga dibangun, padahal kondisinya kan sudah rusak parah. Apa kami harus lapor ke presiden dulu baru jalan ini dibangun?,” sergahnya.

Bahkan menurutnya, ada Ibu hamil yang sudah beberapa bulan ini tidak berani memeriksakan kehamilannya ke Puskesmas, Karena takut keguguran apabila melewati jalan yang rusak.

“Sudah banyak warga di sini yang mengalami keguguran, sekarang ini ada yang hamil bernama Sri Astutik itu takut keguguran jadi dia sudah beberapa bulan ini tidak periksa ke puskesmas mas,” jelasnya

Terpisah, Kades Jatiroto, M Saleh, menyebutkan sudah puluhan tahun jalan di daerahnya itu tak pernah diaspal. Dia bahkan sudah mempertanyakan kapan jalan itu diperbaiki.

“Saya sangat kasihan pada warga, karena sudah 77 tahun pada 17 Agustus tahun ini tetapi mereka belum merdeka, karena belum menikmati kemerdekaan yang sesungguhnya, ya sampeyan tau sendiri mereka belum memiliki akses jalan yang layak,” tuturnya.

Saleh mengatakan selama ini warganya sering meminta untuk mencarikan solusi agar jalan diperbaiki. Namun lantaran jalan milik Pemkab, dia tak bisa berbuat banyak.

“Jadi mau tidak mau, karena tidak ada tanggapan dari Pemda untuk perbaiki jalannya, jadi terkadang warga saling bergotong royong, untuk perbaiki jalan itu. Ya kami harap Pemkab Jember bisa segera memperbaiki jalan di desa Jatiroto,” pungkasnya.(Yas)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?