Pedagang Stadion Kanjuruhan Dipastikan Pindah Agustus Mendatang

Caption : Sebagain pedagang masih menempati ruko di Stadion Kanjuruhan pada Senin (17/7/2023) (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Caption : Sebagain pedagang masih menempati ruko di Stadion Kanjuruhan pada Senin (17/7/2023) (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang masih akan usulkan tempat relokasi pedagang di lingkup Stadion Kanjuruhan. Kendati demikian, pedagang dipastikan harus segera pindah sebelum minggu kedua di Bulan Agustus 2023.

Plt Dispora Kabupaten Malang, Firmando Hasiholan Matodang mengatakan, pihaknya masih mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terkait lokasi relokasi pedagang di Stadion Kanjuruhan.

“Kita kemarin sudah mengusulkan ke Pemkab Malang, karena memang rencana pembangunan ini menggunakan standar FIFA. Dimana standar FIFA itu tidak ada pedagang di sekeliling stadion,” terang Firmando setelah melakukan pertemuan dengan pedagang, Senin (17/7/2023).

Sejauh ini, kata Firmando, Pemkab Malang masih merencanakan pedagamg nantinya akan dipindah ke lokasi yang tak jauh dari Stadion Kanjuruhan.

“Sehingga kita mencarikan alternatif di sebelah belakang timur. Karena di timur itu ada lahan milik Pemkab, sekitar 2000 meter persegi walaupun posisinya agak di bawah,” terangnya.

Selain itu, alternatif lain juga diusahakan oleh Dispora Kabupaten Malang. Salah satunya yakni mengusulkan permohonan dengan pihak ketiga, baik melalui Bank Jatim maupun stakeholder lain yang berkenan melakukan pembangunan relokasi sementara untuk pedagang.

Lebih lanjut, terkait dengan anggaran relokasi, Firmando mengatakan, hal itu masih perlu dikoordinasikan dengan Pemkab Malang.

“Kita mencoba mencarikan tempat yg ada alternatif di belakang (Stadion). Sedangkan bagaimana prosesnya nanti karena ini waktunya juga mepet, apakah nanti dicover oleh Pemkab atau secara swadaya, kami sedang mengusulkan kepada Pak Bupati,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya tidak memberikan batasan terkait relokasi tersebut. Artinya, Pemkab Malang tidak membatasi pedagang harus melakukan relokasi ke tempat yang telah disediakan.

“Tentunya kita tidak memberikan batasan. Tapi pembangunan ini di minggu kedua bulan Agustus, jadi sebelum pelaksanaan pembangunan (Stadion) pedagang ini harus steril,” pungkasnya. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?