Merinding, Teriakan Melengking Burung Elang Jawa Menyapa Pengunjung Eco Green Park

Elang Jawa
Burung Elang Jawa - Foto: Aga Pradnya Widagda

KOTA BATU – Seberapa sering Anda melihat burung Elang terbang bebas di sekitar Anda? Jika berkunjung ke Eco Green Park Jatim Park 2, Anda akan menemukan berbagai jenis Elang terbang menyapa pengunjung, salah satunya adalah si Elang Jawa.

Burung Elang Jawa menjadi salah satu spesies endemik yang hanya terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Kabarnya lambang Burung Garuda yang menjadi lambang Negara Indonesia juga terinspirasi dari burung ini. Alasannya adalah pada masa perjuangan dulu burung ini banyak dijumpai di hutan-hutan di kawasan Pulau Jawa.

Burung dengan nama ilmiah Nisaetus bartelsi ini memiliki ciri khas berupa jambul di atas kepalanya sepanjang 12 cm. Selain itu sebagai spesies berukuran sedang, Elang Jawa dewasa memiliki tubuh dengan panjang antara 56-70 cm dan memiliki rentang sayap selebar 110-130 cm.

Suara teriakan Elang Jawa termasuk keras dan melengking. Burung ini sering bertengger di pohon area hutan untuk memantau sasaran dan mangsanya yang berada di tanah atau di pohon.

Dahulu, Elang Jawa dapat ditemukan di hampir seluruh hutan-hutan lereng gunung yang ada di Pulau Jawa.Habitat burung ini hanya berada di wilayah hutan primer dan daerah peralihan antara dataran rendah dan pegunungan.

Jumlah populasi Elang Jawa masih tidak diketahui berapa banyak. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan Menteri Kehutanan berjudul Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Elang Jawa pada tahun 2013, kemungkinan jumlah populasi maksimum burung itu hanyalah sebanyak 200 ekor di habitat aslinya.

Seiring dengan pembukaan lahan dan penebangan hutan-hutan di pulau Jawa, spesies Elang Jawa jadi terancam punah. Banyak juga perburuan akan burung Elang Jawa yang dilakukan pada anakannya yang belum bisa terbang.

Di Eco Green Park, pengunjung bisa melihat Elang Jawa terbang menyapa kita saat di penampilan Bird Of Prey di area Amphitheater lho!

Selain Elang Jawa, Eco Green Park juga memiliki beberapa spesies Elang lainnya seperti Elang Laut Perut Putih, Elang Botak, dan masih banyak lagi. Ada juga burung Rangkong, Merak Putih, hingga Vultures si burung pemakan bangkai.

Penasaran dengan penampilan unik mereka para burung yang tidak terbelengku di sangkar dan masih dapat terbang bebas di udara? Hanya di Eco Green Park Jatim Park 2 ya!

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?