Ilustrasi/Bahan-bahan pokok di Pasar Kota Malang. (blok-a.com/Nashrul)
Ilustrasi/Bahan-bahan pokok di Pasar Kota Malang. (blok-a.com/Nashrul)

List Harga Bahan Pokok Menjelang Bulan Ramadan di Malang, Cek di Sini!

Kota Malang, blok-a.comBerdasarkan statement dari Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Wamendagri), Dr. Jerry Sambuaga, harga bahan pokok menjelang bulan ramadan menurun termasuk di Malang.

Namun, saat wartawan blok-a.com menyusuri dan melakukan survey di Pasar Blimbing, ternyata penurunan harga bahan pokok masih belum merata di seluruh pasar di Kota Malang.

Berikut daftar harga bahan pokok di Pasar Blimbing di Kota Malang:

1. Harga Ayam

Ilustrasi pedagang ayam di pasar Kota Malang.(blok-a.com/Nashrul)
Ilustrasi pedagang ayam di pasar Kota Malang.(blok-a.com/Nashrul)

Harga ayam yang ditemui di Pasar Blimbing saat ini, Jumat (10/3/2023) adalah Rp 31-32 ribu per kilo di tiga pedagang ayam yang berbeda.

Salah satu pedagang bernama Fitri (30) yang menjajakan ayam mengaku harga ayam sudah naik sejak 5 hari yang lalu hingga sekarang.

“Sekarang harganya lagi naik, per kilo nya sudah Rp 31 ribu, tergantung kualitasnya. Ada yang buangan itu murah memang tapi kualitas dagingnya jelek, tapi saya gak jual, biasanya yang jual itu pedagang yang di pinggir jalan,” jelas Fitri pada wartawan blok-a.com, Jumat (10/3/2023).

2. Harga Daging dan Jeroan Sapi

harga daging
Penjual daging di Pasar Blimbing, Kota Malang. (blok-a.com/Nashrullah Masrur)

Harga daging dapi cukup bervariasi mulai dari Rp 115 ribu hingga Rp 140 ribu per kilonya tergantung dengan bagian dan jenis daging.

Fatimah, menjual dagingnya mulai dari harga Rp 120 ribu hingga Rp 130 ribu per kilo. Dirinya menjual dua variasi daging yaitu daging premium dan daging biasa.

Selain daging, Fatimah juga menjual jeroan sapi. Untuk harga babat dan hati per kilo nya sama yaitu Rp 70 ribu.

Di pedagang lain, Nurul, yang sudah berdagang sejak 32 tahun yang lalu hingga sekarang, ia menjual daging yang lebih bervariatif. Untuk daging yang ia dapatkan dari bagian tulang, Nurul menjualnya dengan harga Rp 115 ribu per kilonya.

Untuk bagian dalam, seperti daging pada paha dan perut sapi, Nurul menjualnya dengan harga Rp 140 ribu per kilonya.

Nurul dan Fatimah mengatakan bahwa tak ada kenaikan harga jual daging menjelang bulan puasa. Namun, kemungkinan harga akan naik ketika menjelang lebaran atau idul fitri.

“Biasanya naik kalau menjelang lebaran, kalau menjelang puasa jarang naik,” jelas Nurul pada wartawan blok-a.com, Jumat (10/3/2023).

3. Harga Cabai Keriting

Ilustrasi/Bahan-bahan pokok di Pasar Kota Malang. (blok-a.com/Nashrul)
Ilustrasi/Bahan-bahan pokok di Pasar Kota Malang. (blok-a.com/Nashrul)

Selain harga daging-dagingan, blok-a.com juga menyusuri pasar untuk melihat harga bahan pokok lainnya seperti cabai keriting. Ternyata harga cabai keriting tidak mengalami kenaikan.

Faruq (26), seorang pedagang bahan pokok di Pasar Blimbing, mengatakan bahwa harga cabai keriting masih tetap sama seperti sebelum-sebelumnya yaitu Rp 40 ribu per kilonya.

“Harga cabai keriting ini masih sama Rp 40 ribu per kilo,” tutur pria tersebut.

4. Harga Cabai Merah Besar

Sama seperti cabai merah keriting, harga cabai merah besar tak mengalami kenaikan. Saat ini harganya masih sama seperti sebelumnya yaitu Rp 32 ribu per kilo nya.

“Cabai merah besar juga sama ini harganya nggak naik, tetap Rp 32 ribu per kilo,” tutur Faruq pada wartawan blok-a.com, Jumat (10/3/2023).

5. Harga Cabai Rawit

Kenaikan harga tak hanya terjadi pada daging ayam saja, namun harga cabai rawit juga mengalami kenaikan.

Seperti yang terjadi pada Faruq (26) yang menjual bahan pokok termasuk cabai rawit. Berdasarkan keterangan dari Faruq, harga jual cabai rawit saat ini mengalami peningkatan hingga Rp 10 ribu/kg.

“Tadinya harga cabai rawit itu Rp 70 ribu per kilo sekarang jadi Rp 80 ribu,” jelasnya pada wartawan blok-a.com, Jumat (10/3/2023).

Hal ini terjadi sudah sekitar 5 hari yang lalu hingga sekarang. Kenaikan ini disebabkan karena adanya hambatan di perjalanan saat mengirim cabai dari Bandung.

“Kemarin itu ada longsor katanya jadi terhambat pengiriman cabai makanya naik,” ujar Faruq.

6. Harga Bawang Putih

Harga bawang putih juga mengalami kenaikan. Faruq mengatakan bahwa saat ini harga per 1/4 kilo bawang putih sudah mencapai Rp 8 ribu.

“Sekarang seperempat itu harganya Rp 8 ribu, kalau sekilo berarti Rp 32 ribu,” jelas Faruq.

Dirinya mengaku mendapatkan bawang putih dari distributor yang sama seperti cabai rawit, sehingga pengiriman bawang putih juga terhambat akibat dari tanah longsor.

7. Harga Tomat Merah

Selain menerima pengiriman cabai rawit dan bawang putih dari Bandung, Faruq juga menerima pengiriman tomat merah.

Maka dari itu, harga tomat merah saat ini melonjak hingga dua kali lipat harga semula.

“Sekarang Rp 12 ribu per kilo. Padahal tadinya cuman Rp 6 ribu,” pungkasnya.

Itulah daftar harga bahan pokok di Pasar Blimbing Kota Malang. (len)