Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan 1444 H

Ilustrasi Rukyatul Hilal sebagai bagian dari sidang isbat penentuan 1 Ramadan. (dok. Kemenag RI)
Ilustrasi Rukyatul Hilal sebagai bagian dari sidang isbat penentuan 1 Ramadan. (dok. Kemenag RI)

blok-a.com – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar rangkaian sidang Isbat penentuan 1 Ramadan 1444 Hijriah hari ini, Rabu (22/3/2023) sore. Sidang isbat akan digelar segaa luring di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta dan disiarkan melalui live streaming.

Sidang ini akan dimulai pukul 17.00 WIB diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Berikut Link Live Streaming Sidang Isbat 1 Ramadan 1444 H yang bisa diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kemenag telah menetapkan 124 lokasi titik pemantauan hilal atau rukyatul hilal di seluruh wilayah Indonesia.

Proses rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan ormas Islam serta instansi lain di daerah setempat.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, gelaran sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab). Serta hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Lanjut Kamaruddin, secara hisab semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 00.23 WIB.

Ia menambahkan, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang Isbat awal Ramadan 2023, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

“Pada hari rukyat, 29 Syakban 1444 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 6 derajat 46,2 menit sampai dengan 8 derajat 43,2 menit, dengan sudut elongasi antara 7,93 derajat sampai dengan 9,54 derajat,” kata Kamaruddin dalam keterangannya, Selasa (21/3/2023).(lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?