Kirab Budaya Mojo Bangkit 2023 Meriahkan Harjamo ke-105

Salah satu peserta Kirab Budaya "Mojo Bangkit 2023" Kesenian Reog dari Kabupaten Ponorogo.(blok-a.com/Syahrul)
Salah satu peserta Kirab Budaya "Mojo Bangkit 2023" Kesenian Reog dari Kabupaten Ponorogo.(blok-a.com/Syahrul)

Mojokerto, blok-a.com – Peringatan Jadi Kota Mojokerto (Harjamo) ke-105 tahun ini semakin meriah dengan gelaran kirab seni budaya “Mojo Bangkit 2023.”

Kali ini Harjamo menyajikan berbagai kreasi seni budaya Mojopahitan dan modern, dari 10 kota/kabupaten di Jawa Timur.

Pawai budaya yang diikuti 550 peserta dari Mojokerto, dan 10 kota/kabupaten di Jawa Timur, dilepas langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita), Selasa (27/6/2023) pukul 13.00 WIB.

Apresiasi dan sambutan meriah dari ribuan warga Kota Mojokerto dan sekitarnya pun menggema.

Rute dimulai dari Alun-alun Wira Raja Kota Mojokerto, menuju ke Jalan Mojopahit. Dilanjutkan ke Jalan Bhayangkara, terakhir masuk ke Jalan Gajahmada dan finish di Kantor Balai Kota.

Suasana semakin meriah karena aksi seni dari daerah lain semisal Kabupaten Sidoarjo yang menampilkan Tari Jenggolo Manik dengan 40 peserta, Kota Surabaya menampilkan Tari Sawunggaling dengan 25 peserta, Banyuwangi menyajikan Kebo-keboan, dari Kabupaten Jombang menyajikan Sendra Tari Satrio dan Kebo Anabrang sebanyak 30 peserta, dari Kabupaten Ponorogo menyajikan Reog dengan 35 peserta.

Dari Madiun menampilkan karnaval Dogrek dengan 30 peserta, Kabupatem Mojokerto dengan kesenian Bantengan sebanyak 50 peserta, Malang dengan karnaval Srikandi futuristik sebanyak 45 orang peserta, Kota Mojokerto menampilkan seni budaya dan karnaval perjuangan, serta masih banyak peserta-peserta lainnya.

“Saya sampaikan terima kasih atas supportnya dari Pemerintah Kabupaten/Kota yang sudah mengirimkan kontingen budayanya, untuk ikut memeriahkan Kirab Budaya “Mojo Bangkit 2023″, dalam rangka hari jadi Kota Mojokerto ke-105,” ujar Ning Ita dalam sambutannya.

Ning Ita juga meminta restu kepada semua elemen masyarakat untuk ikut berdoa agar Kota Mojokerto lebih maju dan sukses.

“Agar semua masyarakat warga kota ikut mendoakan demi kesuksesan Kota Mojokerto, untuk Kota Mojokerto hebat, kuat, melesat,” pungkas Ning Ita.(st1/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?