Kawasan Hutan di Gunung Semeru Terbakar

blok-a.comTaman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS) tepatnya di kawasan hutan Gunung Semeru dikabarkan terbakar. Kini para petugas tengah melakukan pemadaman pada hari ini (20/8).

Kawasan hutan di Gunung Semeru terbakar itu disampaikan melalui siaran pers resmi pihak TN BTS. Berdasarkan pantauan pihak TN BTS kebakaran bermula pada tanggal 18 Agustus di titik kawasan blok Oro-Oro Ombo wilayah Ranupani. Dari hasil pantauan, petugas TN BTS langsung melakukan tindakan.

Petugas berhasil menemukan titik kebakaran tidak lama setelah pantauan. Dikabarkan, vegetasi yang terbakar berupa alang-alang, semak serasa, juga beberapa pohon cemara gunung.

Petugas TN BTS bergabung dengan Masyarakat Peduli Api (MPA) dari Desa Rabupani, Desa Ngadas, Desa Argosari melakukan pemadaman. Dikabarkan pada tanggal 19 Agustus petugas gabungan tersebut telah berhasil membuat ilaran api. Hal itu agar kebakaran tidak merembet lebih luas. Pasalnya, dikhawatirkan api akan merembet wilayah Panggon Cilik Ranu Kumbolo.

“Kini para petugas tengah melakukan groundchecking di lokasi,” papar staff TN BTS Septi Eka Wardhani, melalui siaran pers.

Groundchecking merupakan langkah untuk memastikan tidak ada lagi api yang tersisa. Sekaligus, mereka masih harus melakukan pemadaman di wilayah Jambangan dan Keling. Untuk mengatasi hal itu pihaknya akan mengirimkan tim bantuan untuk mengatasi kebakaran lebih cepat.

“Untuk penyebab kebakarannya sendiri masih dalam proses identifikasi,” lanjut Septi.

Pihaknya juga menghimbau agar tidak gegabah dalam membuat api di kawasan TN BTS. Pasalnya, terpantau cuaca kering yang bisa turut memicu berkobarnya api. Cuaca kering tersebut tergolong ekstrim imbas dari musim kemarau. Sebagian Savana mengering akibat embun puas juga memperparah peluang terjadinya kebakaran.

“Saat ini kami masih menunggu informasi lebih lanjut, karena masih ada keterbatasan informasi,” tukasnya. (mg2/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?