Ini Daftar Juara Duta GenRe Jatim 2023

Juara I Duta GenRe Provinsi Jawa Timur 2023 dari Kediri dan Bondowoso.
Juara I Duta GenRe Provinsi Jawa Timur 2023 dari Kediri dan Bondowoso.

Surabaya, blok-a.com – Setelah mengikuti karantina dan seleksi tahap II Duta Generasi Berencana (GenRe) selama 2 hari, Minggu (25/6/2023) sebanyak 10 pasang semifinalis melaju ke grand final.

Sebelumnya pada tanggal 23 Juni 2023 sebanyak 20 remaja terbaik hasil seleksi I memasuki masa karantina dan seleksi tahap II Apresiasi Duta GenRe Provinsi Jawa Timur 2023.

Alhasil terpilih para pemenang Duta GenRe Jatim 2023.

Untuk juara I putra dari Kabupaten Kediri, dan juara I putri dari Kabupaten Bondowoso.

Juara II putra, dari Kota Madiun dan juara II putri dari Kabupaten Sumenep.

Sedangkan juara III putra dari Kabupaten Magetan dan juara III putri dari Kabupaten Gresik.

Untuk Duta GenRe Inspirator dijuarai Kabupaten Blitar, Duta GenRe favorit dari Kota Batu

Sementara itu, Duta GenRe Influencer dari Kabupaten Sumenep.

Adapun dewan juri yang kompeten itu, terdiri dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, psikolog, model senior dan praktisi komunikasi.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Pembina Program Bidang KS/PK Yuni Dwi Tjadikijanto, SE menjelaskan esensi pentingnya kompetisi ini.

“Kami ingatkan pada adik-adik semua bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar kompetisi, tapi ada tujuan besar yang ingin kita capai yaitu mewujudkan generasi emas yaitu generasi yang sehat, cerdas dan berkarakter,” jelasnya.

Kata dia, jumlah kasus stunting menurut Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 sebesar 19,2%.

Mencermati hasil SSGI di atas dari waktu tersisa yang relatif singkat, satu tahun, diperlukan langkah-langkah strategis agar target 2024 sebesar 14% dapat tercapai.

“Konvergensi dan peran serta kita semua termasuk para remaja, sekaligus sasaran dan berperan sebagai pelaksana bisa menjadi kunci keberhasilan program,” ujarnya.

Untuk itu diperlukan figur teladan dan motivator atau Duta GenRe dengan harapan dapat menjadi contoh dan berperan aktif mensosialisasikan, mempromosikan (Remaja Keren Penuh Aksi Cegah Stunting).

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Maria Ernawati, berpesan agar Duta GenRe membawa setiap program GenRe di setiap aktivitas kegiatannya.

“Pemilihan  Duta Genre merupakan bentuk apresiasi kepada remaja-remaja Indonesia yang telah secara sukarela (voluntary) menjalankan perannya sebagai pendidik dan konselor  sebaya. Duta GenRe adalah brand ambassador Program Generasi Berencana bagi remaja-remaja lainnya,” pesannya.

Maria menambahkan bagaimana peran duta GenRe untuk mendukung peningkatan kualitas generasi penerus bangsa yang unggul.

“Perannya menggiring dan menjadi influencer sebayanya agar generasi di Indonesia ini menjadi berkualitas dan unggul,” ujarnya.

Ada 1 PR bersama dalam mengupayakan generasi muda yang unggul dan berkualitas karena masih relatif tingginya angka stunting dan perkawinan dini di Jawa Timur.

“Saya berharap Duta GenRe bisa membawa program sehingga langsung bisa mengatasi apa yang menjadi hambatan dalam peningkatan kualitas sumber daya generasi penerus bangsa,” pungkasnya.

Sekadar diketahui apresiasi Duta GenRe Provinsi Jawa Timur 2023 diikuti oleh 69 peserta dari 35 kabupaten/kota di Jawa Timur. 

Dari 69 peserta tersebut, telah dilakukan Desk Audit pada 2-6 Juni 2023 di Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dan menetapkan 38 orang untuk mengikuti seleksi tahap I berbasis daring yang terdiri dari  19 putri dan 19 putra.

Pada tanggal 16 Juni 2023 di tetapkan 10 besar  (20 orang) sebagai semifinalis yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri.(kim/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?