Hal Yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Untuk Mencegah Stunting Pada Anak

blok-a.com – Pada umumnya stunting merupakan kondisi pertumbuhan pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak di bawah rata-rata atau anak sangat pendek serta tubuhnya tidak bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usianya dan berlangsung dalam waktu lama.

Tidak hanya masalah pendek, akan tetapi stunting juga berpengaruh terhadap perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif meliputi proses mengingat, pemecahan masalah, dan juga pengambilan keputusan.

Selain itu stunting juga dapat mengganggu kemampuan belajar anak, dan meningkatkan risiko anak mengalami berbagai penyakit kronis ketika dewasa. Oleh karena itu para orang tua harus waspada terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak agar anak tidak mengalami stunting.

Penyebab stunting sendiri biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor genetik, kurangnya asupan nutrisi saat di dalam kandungan dan setelah lahir, infeksi berulang, hingga tingkat pengetahuan orang tua yang rendah mengenai tumbuh kembang normal anak.

Untuk mencegah stunting pada anak, berikut hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua :

  • Berikan nutrisi pada anak dengan cukup saat berada didalam kandungan maupun setelah lahir.
  • Berikan anak ASI (Air Susu Ibu) secara eksklusif selama enam bulan pertama usianya dan berikan MPASI setelah anak berusia 6 bulan.
  • Lakukan pemeriksaan dibidan atau dokter kandungan pada saat kehamilan. Setelah lahir bawa anak pada posyandu setempat untuk periksa perkembangan pada anak.
  • Terapkan perilaku hidup sehat, bersih dan bahagia setiap harinya.
  • Hindari paparan asap rokok atau paparan limbah lain yang meningkatkan risiko penyakit ke anak maupun ibu.
  • Usahakan untuk memiliki olahraga dan istirahat cukup setiap harinya.
  • Terapkan kebiasaan bersih cuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga memiliki jamban serta kamar mandi yang bersih di rumah.

Itulah beberapa cara untuk mencegah stunting pada anak. Perkembangan kognitif pada anak memang berbeda-beda, oleh karena itu tak perlu membandingkan dengan anak lain. Cukup amati perkembangan anak Anda dari hari ke hari dan pastikan tahap perkembangannya sesuai dengan usianya. Jika merasa ada gejala gejala stunting pada anak maka segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapat bantuan dan saran yang tepat. (hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?