H-3 Lebaran 2023 Diprediksi Jadi Puncak Mudik di Terminal Arjosari Malang

Bus berjejer di Terminal Arjosari Kota Malang (blok-a/Mike)
Bus berjejer di Terminal Arjosari Kota Malang (blok-a/Mike)

Kota Malang, Blok-a.com-Terminal Arjosari di Kota Malang mulai ramai terlihat dengan kedatangan penumpang yang semakin meningkat menjelang H-7 Lebaran 2023 Senin (17/4/2023) Siang.

Diprediksi bahwa jumlah penumpang akan terus meningkat setiap harinya selama periode mudik Lebaran.

“Diperkirakan terjadi kenaikan jumlah penumpang sebesar 50 persen di Terminal Arjosari Kota Malang, yakni sekitar 3.000 orang, dibandingkan dengan jumlah penumpang rata-rata harian sebesar 2.000 orang,” kata Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Arjosari, Hadi Supeno Senin (17/4/2023) Siang.

Prediksi tersebut menyatakan bahwa puncak keberangkatan dan kedatangan penumpang akan terjadi pada H-3 Lebaran 2023.

Dalam tiga hari sebelumnya sejak Kamis (13/4/2023), jumlah penumpang di Terminal Arjosari Kota Malang terlihat menurun.

“Namun, pada saat ini, terjadi peningkatan jumlah penumpang terutama untuk moda transportasi AKAP. Diperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah penumpang sebesar 50 persen,” ujarnya.

Mayoritas bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tiba di Terminal Arjosari berasal dari Jakarta, sementara untuk keberangkatan, mayoritas penumpang menuju Jawa Tengah.

“Puncak keberangkatan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) biasanya terjadi pada H-3 dan H-2 menjelang Lebaran, karena jangkauannya dekat. Sebagian besar penumpang AKDP adalah mereka yang hendak pergi dari Surabaya menuju Blitar, dari Probolinggo ke Blitar, atau dari Terminal Arjosari menuju Surabaya,” jelasnya.

Terpisah salah satu penjual tiket bus PO Medali Mas, Vincent menjelaskan bahwa Mayoritas bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tiba di Terminal Arjosari berasal dari Jakarta, sementara untuk keberangkatan, mayoritas penumpang menuju Jawa Tengah Senin (17/4/2023) Siang.

Puncak keberangkatan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) biasanya terjadi pada H-3 dan H-2 menjelang Lebaran, karena jangkauannya dekat.

“Sebagian besar penumpang AKDP adalah mereka yang hendak pergi dari Surabaya menuju Blitar, dari Probolinggo ke Blitar, atau dari Terminal Arjosari menuju Surabaya,” ujarnya.

Ketersediaan tiket untuk keberangkatan pada tanggal 17-21 April dan seterusnya hingga Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran ke segala jurusan di Jawa Tengah sudah habis terjual.

“Jurusan yang terkena dampak antara lain ke Solo, Semarang, Tegal, Pekalongan, dan Brebes,” kata dia.

Namun, masih tersedia tiket untuk keberangkatan ke Jakarta.

“Setelah Lebaran, arus balik dari Malang yang biasanya menjadi ramai,” jelasnya.

Harga tiket bus naik secara bertahap karena meningkatnya permintaan.

Saat ini, harga tiket bus untuk kelas eksekutif rata-rata naik sekitar 30-40 persen dari harga normal.

“Misalnya, untuk perjalanan ke Jakarta dari Malang setelah Lebaran bisa mencapai Rp 700.000, sedangkan saat ini naik dari harga sekitar Rp 380.000 menjadi sekitar Rp 500.000,” tandasnya.

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?