Cerita Ilza Sukses Jadi Duta Wisata Kakang Mbakyu Kota Malang 2023

Ilza Nugraha Pratama yang akhirnya berhasil menjadi duta wisata pada ajang Kakang Mbakyu 2023. (foto : Ilza Nugraha Pratama untuk Blok-A)
Ilza Nugraha Pratama yang akhirnya berhasil menjadi duta wisata pada ajang Kakang Mbakyu 2023. (foto : Ilza Nugraha Pratama untuk Blok-A)

Kota Malang, Blok-a.comSeorang mahasiswa UMM 2023 ini, terkenal dengan wibawa dan kharismanya. Ya, dialah Ilza Nugraha Pratama. Sempat gagal di ajang Kakang Mbakyu Kota Malang 2021 tidak mematahkan semangat. Kini, dia mengemban tugas sebagai Duta Wisata Kakang Mbakyu Kota Malang 2023.

Ilza, sapaannya, memulai perjalanan dari SMA dengan mengikuti ajang duta sekolah. Awal mula ketertarikannya adalah dalam ajang kedutaan terdapat aspek 3B (Brain, Behaviour, Beauty) yang menjadi hal penting untuk diterapkan di kehidupan sehari – hari. Kesukaannya dalam dunia story telling menjadi bekalnya dalam ajang kedutaan.

“Saya memiliki background dalam story telling, dimana kita dituntut untuk menjiwai suatu cerita sama halnya saat kita bercerita. Dalam kehidupan keseharian saya suka sekali mendengar cerita setiap orang karena saya percaya setiap orang memiliki cerita unik mereka masing – masing,” papar lelaki tinggi ini (29/9).

Ilza memiliki ketertarikan dengan berkontribusi langsung di lingkungan sekitarnya. Dia turut andil dalam mengembangkan serta ide – ide yang inovatif. Ilza sendiri sudah menjadi duta pariwisata sejak SMP. Ketika kegagalan pada ajang Kakang Mbakyu 2021 silam membuatnya tidak menyerah. Dia segera meningkatkan berbagai skill dan wawasan umum.

“Saya kerahkan semua tenaga saya untuk fokus dan improve diri lebih lanjut, karena saya percaya bahwa kegagalan adalah hanya kemenangan yan ping tertunda,” ujar dia.

Ilza mulai membangun kebiasaan kecil yang positif sehingga akan perubahan akan datang secara signifikan tanpa menyadarinya.

“Salah satu kegagalan saya saat mendaftar Kakang Mbakyu Kota Malang pada tahun 2021 dan klksudah tereliminasi dari tahap pertama. Dari kejadian tersebut membuat saya refleksi diri akan apa yang dapat saya perbaiki untuk kedepannya. Wajar untuk mengalami kegagalan dalam hidup karena justru pelajaran hidup didapat saat mengalami kegagalan,” ujar dia.

Untuk saat ini, Ilza sedang mengincar posisi Raka Raki Jawa Timur. Kini dia sedang menjalani berbagai pelatihan khusus untuk meningkatkan berbagai kemampuan dan wawasan untuk maju ke ajang bergengsi tersebut.

Sebagai duta wisata, dia merumuskan ide berupa metode pelatihan guide lokal dari warga yang tinggal di kampung wisata. Dia menemukan metode pengajaran bilingual kepada ibu rumah tangga di desa wisata atau destinasi wisata dengan cara dialog gramatikal.

Salah satunya, dia sudah terapkan di Kayutangan RW 5, tepatnya dekat makam Mbah Onggo, di rumah pengurus guide lokal. (mg2/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?