Buah-buahan ini Bisa Lawan Jerawatmu

Blok A – Ada banyak cara menghilangkan jerawat, mulai dari obat-obatan dokter hingga pengobatan rumahan. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya jenis makanan tertentu bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat.

Jerawat bisa terjadi karena beragam faktor. Walaupun tak bisa dihilangkan dengan cara instan, kamu dapat mencoba beberapa perawatan wajah yang sesuai untuk atasi jerawat.

Tak hanya melalui perawatan wajah dengan produk yang ada di pasaran, kamu juga bisa bantu sembuhkan jerawat dari dalam dengan mengonsumsi beberapa Buah-buahan.

Berikut ini beberapa buah yang memiliki khasiat meredakan jerawat, jika dikonsumsi dengan rutin:

Buah Delima

Pertama ada buah delima atau yang dikenal sebagai promeganate, yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kandungan antioksidan tersebut berfungsi untuk membuat kulit lebih sehat, dan membersihkan pori-pori.

Pepaya

Pepaya memiliki enzim papain, yang dapat meremajakan kulit. Memakan pepaya dapat bantu membuat kulit sembuh lebih cepat.

Storberi

Stroberi memiliki kandungan salicylic acid di dalamnya, yang kita ketahui kandungan ini sangat bagus untuk redakan jerawat. Mengonsumsi stroberi dapat membuat kulit lebih bersih dan sehat.

Lemon

Lemon bisa untuk jerawat. Sudah bukan rahasia umum lagi bila air lemon dapat bekerja sebagai astrigen alami, sehingga dipercaya dapat mengencangkan kulit dan menyamarkan noda.

Penggunaan air lemon langsung pada kulit tidak disarankan karena dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Meski begitu, khasiat air lemon yang hendak diminum atau bagian dari makanan Anda bisa membantu membasmi jerawat.

Meski hubungan pola makan dengan jerawat masih belum dapat dipastikan, ada banyak penelitian yang membahas pengaruh makanan terhadap jerawat.

Para ahli kesehatan percaya bahwa beberapa makanan di bawah ini mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang bisa menghilangkan jerawat.

Buah beri

Walaupun berukuran kecil, buah beri seperti stroberi atau blueberry kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kedua senyawa ini sudah tidak diragukan lagi memang berguna dalam membasmi masalah jerawat.

Vitamin C termasuk jenis vitamin yang dapat menghambat NFkB, senyawa yang dapat memicu sitokin untuk peradangan. Oleh karena itu, vitamin C mempunyai aktivitas anti-peradangan yang bisa digunakan pada kulit berjerawat.

Bahkan, vitamin C pada buah beri juga mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah hiperpigmentasi setelah jerawat meradang. Selain buah beri, Anda juga bisa memperoleh sumber vitamin C dari buah sitrus atau buah lainnya. (Frida)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?