Bayar Pajak di Situbondo Kini Lebih Mudah dengan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

SAMSAT PORTAL: KUPT PPD Situbondo Dr. Rita hadir ditengah layanan Samsat Portal yang ikut dalam giat Pameran Temu Inklusi 2023 ".
SAMSAT PORTAL: KUPT PPD Situbondo Dr. Rita hadir ditengah layanan Samsat Portal yang ikut dalam giat Pameran Temu Inklusi 2023 ".

Situbondo, blok-a.com – UPT PPD Situbondo hadir dalam ” Pameran Temu Inklusi 2023 ” dengan membuka both layanan Samsat Portable yakni layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) portable. Bertempat di area wilayah Sukorejo,Asem Bagus dan sekitarnya, Jum’at (04/08/2023)

Pameran Temu Inklusi 2023 yang dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. UPT PPD Situbondo menghadirkan layanan Samsat Portable dengan sistem jemput bola ini bisa menjadi stimulan peningkatan kesadaran masyarakatnya untuk taat membayar pajak khususnya masyarakat Kabupaten Situbondo.

Seperti dikatakan Kepala UPT PPD Situbondo Dr. Rita Kartina, SH,MH,M.AP wanita yang baru berdinas di bulan Mei 2023 menjelaskan, hadirnya Layanan Samsat Portal ini telah dimanfaatkan oleh beberapa OPD di lingkungan Pemkab Situbondo contohnya pada kantor Dinas Sosial dan di Kantor DPRD Kab Situbondo.

“Tujuan hadirnya Layanan Samsat Portal untuk lebih mempermudah dan mempercepat proses pembayaran pajak kendaraan bermotor khususnya bagi pegawai pemerintah yang bertugas di lingkungan instansi pemerintah,” terangnya.

Lanjutnya, tidak hanya itu pada acara Temu Inklusi 2023 kami manfaatkan untuk sosialisasi pembebasan pajak daerah 2023 sesuai Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 188/341/KPTS/013/2023 yang dimulai pada tanggal 1 Agustus sd 31 Oktober 2023.

Dia berharap wajib pajak di wilayah Kabupaten Situbondo bisa memanfaatkan program pemutihan PKB ini antara lain Bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Atas Penyerahan ke 2 dan seterusnya (BBN II), Bebas Sanksi Administratif Keterlambatan PKB dan BBNKB serta Bebas PKB Progresif.

Dari sisi lain masyarakat dapat secara sadar melakukan pembayaran pajak dan mengurus administrasi kepemilikan kendaraan. Karena, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap potensi dan pendapatan pajak daerah.

“Kami harap, masyarakat bisa memanfaatkan program ini. Selain untuk pemasukan pajak, bisa juga dijadikan acuan perbaikan data jika kendaraan telah berpindah kepemilikan,” ungkapnya.

Kami juga menghimbau pada seluruh wajib pajak dapat datang membayar PKB nya melalui KB. Samsat Situbondo yang juga telah memiliki program unggulan yakni, Layanan Samsat Keliling dan Layanan Samsat Drive Thru.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lengkap dapat mengunjungi Sosmed kami yakni IG : upt_ppd_situbondo dan IG : samsatsitubondo,” ucap wanita yang hobi menulis ini.(bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?