Rekomendasi Pecel Lele di Kepanjen Malang, Sambelnya Nampol Bikin Ketagihan!

Caption : Kemikmatan Pecel Lele Mbak Elly Kepanjen, Kabupaten Malang (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama)
Caption : Kemikmatan Pecel Lele Mbak Elly Kepanjen, Kabupaten Malang (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama)

 

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Selain wisata alam, Malang juga kaya akan wisata kuliner yang tak kalah menarik dibandingkan kota-kota lain. Untuk itu jika berkunjung ke Malang, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kulinernya.

Salah satu contoh yang harus dicoba saat ke Malang adalah Pecel Lele. Meskipun Pecel Lele ini merupakan makanan khas Lamongan, bukan berarti kalian hanya bisa menjumpai kudapan satu ini di kota asalnya.

Lalapan lamongan ini sudah menjamur di seluruh plosok daerah, bahkan di luar Jawa Timur (Jatim) sekalipun.

Warung yang menjual Pecel Lele ini sendiri memiliki khas dengan tenda sederhana yang disekat dengan banner bergambarkan ikan maupun hewan sebagai penanda menu yang disediakan ini sudah tak asing lagi bagi kebanyakan orang.

Pecel Lele sendiri makanannya terdiri dari lauk pauk dengan sambal dan lalapan atau sayur pelengkap. Cara penyajian lauknya biasanya di sajikan di cobek kecil, diatas sambel dan dilengkapi lalapan seperti mentimun, kubis, dan kemangi.

Jika berkunjung ke Malang khususnya di Kepanjen, maka kalian akan menjumpai sederet warung yang menyajikan Pecel Lele. Di setiap warung di Kepanjen, lalapan goreng ini memiliki rasa dan karakteristiknya masing-masing.

Berikut rekomendasi Pecel Lele di Kepanjen, dijamin enak dan sambelnya pedas nampol.

1. Pecel lele Mbak Elly

Salah satu kedai sambel primadona di Kepanjen adalah lalapan Mbak Elly, lokasinya berada di Jalan Panglima Sudirman, Dusun Ketawang, Desa Dilem, Kecamatan Kepanjen.

Tempatnya tak jauh dari Rumah Sakit Wava Husada, tepat di tepi jalan raya Kepanjen. Jika kalian berkendara dari arah Kota Malang, maka kedai ini berlokasi di kanan jalan, tepat di depan Toko Kosmetik Aster.

Warung Mbak Elly imi buka setiap harinya, mulai pukul 15.30 WIB sampai dengan dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Sehingga, warung ini cocok menjadi list kuliner malam kalian saat berkunjung ke Kepanjen, Kabupaten Malang.

Menu yang disediakan cukup beragam, namun yang menjadi menu favorit di kedai yang berada tepat di depan Toko Kosmetik Aster ini adalah lalapan lele gorengnya.

Memiliki tekstur kering di luar dan lembut didalam menjadi menu satu ini digandrungi pecintanya. Selain itu, rasa gurih asinnya lele cocok dipadukan dengan sambal yang pedas.

Menariknya lagi, di kedai ini kalian bisa pesan sambel dengan tingkat kepedasan yang kalian inginkan. Penyajian sambalnya juga frash, langsung diulek di cobek, lengkap dengan lalapan yang melimpah.

Selain menu lele goreng, kalian juga dapat memenas menu lainnya seperti pecel ayam, bebek, ikan mujaer, nila, serta aneka jerohan seperti kepala, ceker, ampela dan hati.

Tak perlu khawatir soal harga, warung Mbak Elly dibandrol mulai dari Rp12 ribu hingga Rp28 ribu perporsinya. Untuk menu es juga bergam, mulai dari es teh, es jeruk dan aneka minuman hangat mulai dari Rp3 ribu hingga Rp5 ribu pergelas.

2. Pecel Lele Sambel Tempong Laros

Warung Sego Tempong Laros berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Ardirejo, Kepanjen. Lokasi yang strategis, membuat warung ini mudah ditemui. Tepatnya berada di dekat SMAN 1 Kepanjen, hanya berjarak 100 kilometer dari Polres Malang.

Jika kalian berkendara dari arah Kota Malang, warung ini berlokasi di sebelah kanan jalan. Tepatnya sesudah Apotik Petra Kepanjen.

Jika kalian tim pecinta sambal fresh dan segar, khas masakan Banyuwangi ini perlu kalian cicipi. Sensasi sambal segar, dengan sedikit campuran jeruk limau dan daun jeruk serta bau trasi yang cukup kuat membuat warung ini tak pernah sepi pembeli.

Menu yang disediakan pun cukup beragam, namun yang menjadi favorit adalah Nasi Lele Tempong. Selain itu, lauk lainnya juga bermacam, seperti lauk ayam goreng, aneka jerohan goreng, telur goreng, tongkol goreng.

Dengan sati porsi nasi tempong, kalian sudah mendapat paket komplit, yakni satu porsi nasi dengan porsi besar, aneka sayur rebus, tahu tempe, terong goreng dan tak ketinggalan ikan asinnya. Porsi yang jumbo dan lengkap ini menjadi ciri khas warung lalapan asal Banyuwangi ini.

Harga yang ditawarkan juga cukup ekonomis dengan porsi yang disediakan, hanya dengan merogoh koceh mulai dari Rp17 ribu sampai Rp25 ribu kalian sudah dimanjakan dengan hidangan super lengkap satu ini, dijamin kenyang seharian.

3. Warung Lesehan Mbak Niken

Berlokasi di Jalan Trunojoyo, Desa Kedungpendaringan, Kecamatan Kepanjen. Tempatnya tak jauh dari Stadion Kanjuruhan hanya berjarak 200 meter. Jika berkendara dari Stadion, warung ini berada di sebelah kiri jalan sebelum Kantor Bawaslu Kabupaten Malang.

Pecinta ikan bakar wajib cobain warung satu ini, yang menjadi menu favoritnya yakni ikan lele bakar, disusul dengan bebek bakar dan ayam bakar. Selain menu bakaran, warung ini juga menyediakan menu yang digoreng seperti warung lalapan pada umumnya.

Menu pelengkapnya juga beragam, ada urap-urap, tumis kangkung, kalian juga bisa meminta tambahan lalapan, seperti selada, kubis serta kacang panjang dan daun kemangi. Ada juga pilihan lauk tambahan seperti, tahu, tempe dan terong goreng.

Porsi yang disajikan pun cukup besar, ukuran inan dan potongan ayamnya cukup besar. Menariknya lagi, kalian akan disuguhkan dengan satu bakul nasi panas jika pembelian lebih dari satu porsi dan dimakan di tempat.

Selain menyediakan porsi besar, warung ini juga memasak dengan fresh, jika ada pelanggan semua masakan baru dibakar dan di olah. Jadi tak heran jika masakan yang dihidangkan masih serba panas.

Warung makan satu ini didesain dengan cukup unik, ada tatakan panggung dari bambu untuk tempat makan customernya. Warung ini didesain lesehan, meskipun demikian kebersihannya warung satu ini terjamin.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, kalian bisa makan satu porsi ikan bakar dibandrol mulai dari Rp15 ribu dan bebek bakar dibandrol dengan harga Rp25 ribu. Sedangkan menu ayam lengkap dengan lalapan dan sambal serta nasi dengan harga mulai dari Rp20 ribu.

Dengan porsi yang jumbo, dan harga yang murah, warung ini cocok menjadi list kuliner wajib kalian saat berkunjung ke Kepanjen, Kabupaten Malang.

Berikut ketiga rekomendasi Pecel Lele di Kepanjen Malang, segera jadwalkan waktu libur kalian untuk mencicipi kuliner di Kepanjen. Dijamin puas dan ketagihan. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?