Kisah Fiki Pengusaha Bunga Rangkai di Kota Malang Mampu Tembus Pasar Asia Tenggara

whatsapp image 2022 12 30 at 11.13.46
Caption: Customer dan hand bouquet Bunga Davi *sumber instagram bunga.davi)

Kota Malang, Blok-a.com — Membangun sebuah perusahaan dengan profit besar adalah impian semua orang.

Salah satunya adalah Fiki, pria berusia 30 tahun asal Serang yang membangun sebuah usaha di bidang rangkaian bunga bernama Bunga Davi.

Bunga Davi didirikan pada tahun 2007. Mereka memulai usaha ini dengan menjual bunga grosiran, belum seperti sekarang ini.

“Pada awalnya Bunga Davi berdiri sebagaimana florist lainnya, bermulai di tahun 2007 coba untuk berjualan bunga potong tapi bukan bunga rangkai, jadi hanya bunga grosiran,” tutur Allan, Manager Bunga Davi, pada wartawan Blok-a.com, Kamis (29/12/2022).

Setelah itu, mereka menambahkan rangkaian bunga berupa papan bunga yang disusun. Namun karena pada saat itu belum gencar digitalisasi, mereka memasarkan produknya melalui media cetak.

“Hanya memang pada saat itu berjualan masih agak sulit karena digitalisasi belum terlalu banyak disosialiasikan, jadi kami banyak berpromosi lewat koran dan majalah, kemudian pamflet yang kami sebar di jalan,” papar Allan.

Lima tahun berjalan, pada tahun 2012, Bunga Davi mulai merambah ke online marketplace. Mereka memiliki website yang digunakan sampai saat ini yaitu Bungadavi.com.

“Kemudian di tahun 2012 ketika era sudah mulai memasuki jaman modern dengan adanya online marketplace, kita coba untuk berjualan bukan hanya bunga papan tapi juga bunga rangkaian, seperti hand bouquet, bunga vase dan lain-lainnya lewat website kami,” jelas Allan.

Allan memaparkan bahwa keuntungan setelah mereka menggunakan marketplace di ranah online sangat meningkat bahkan hingga 10 kali lipat.

“Kami dapat meraup omzet yang 10 kali lebih banyak dibanding sebelumnya yang rata-rata hanya meraup Rp 40- 60 juta perbulan,” paparnya.

Dengan kata lain, dalam satu bulan mereka bisa mendapatkan omzet mulai dari Rp 400-600 juta dengan berjualan rangkaian bunga.

Di website Bunga Davi, kita diarahkan jika ingin melakukan pemesanan bisa langsung melalui WhatsApp resmi Bunga Davi : +62 811-1933-312.

Untuk diketahui, Bunga Davi menjual banyak kategori seperti hand bouquet, flowers box, standing flowers, papan bunga, bunga vase, dan christmas hampers. Dengan harga mulai dari Rp 125.000 – Rp 1.500.000.

Satu persatu customer datang untuk memesan rangkaian bunga di Bunga Davi. Lalu mereka menyadari bahwa banyak customer yang membutuhkan pengiriman ke luar kota dan luar negeri.

“Dengan datangnya customer satu persatu, ternyata banyak dari customer kami yang memerlukan pengiriman ke luar Indonesia. Dari situlah kami memulai melakukan promosi, penjualan dan kerjasama dan membangun florist network di Asia,” ujar Allan.

Negara Asia Tenggara yang dimaksud yakni Malaysia, Singapore, Philippine, Vietnam, Cambodia, Brunei, Thailand.

Customer Bunga Davi paling dominan adalah cowok. Wah! Siapa nih yang udah pernah dipesenin bunga di sini?

“Untuk pemesan bunga ini di Indonesia dominan cowo, karena biasanya bunga kan dilambangkan sebagai penyampai perasaan, baik cinta, tanda maaf, celebrating dan di negara kita dominan cowo yang akan ngelakuin itu semua,” pungkas Allan. (mg1/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?