Sehat-Sehat, 1900 Lansia Panjang Umur Hidup di Kampung Terpencil Pacitan, Lokasinya di Pegunungan

Ilustrasi (wallpaperbetter)
Ilustrasi (wallpaperbetter)

blok-a.comPembahasan kampung unik di Indonesia ini selalu menarik untuk diulas termasuk sebuah kampung terpencil di Pacitan Jawa Timur.

Banyak wilayah yang bahkan belum terjamah oleh manusia, dan ada juga daerah yang telah dihuni tapi aksesnya jauh dari kota.

Inilah dia kampung terpencil dekat dengan tempat kelahiran mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang berada di Pacitan, Jawa Timur.

Kampung terpencil ini dikenal dengan Kampung Kalikuning, yang berada di atas pegunungan.

Dilansir blok-a.com dari kanal YouTube Jejak Richard, untuk menuju ke kampung ini, kita perlu melewati kota kecamatan, yaitu Tegalombo Pacitan yang berada di lembah pegunungan.

Akses jalan untuk menuju kampung terpencil ini sudah menggunakan aspal yang membelah pegunungan dan memiliki jalan yang cukup menanjak.

Di sisi kanan jalan di pagar dengan bambu dan berbatasan langsung dengan jurang.

Sepanjang jalan menuju Kampung Kalikuning, kita akan ditemani oleh kabut yang menutupi jalan dan mengganggu jarak pandang, jadi perlu berhati dan mengurangi kecepatan.

Kampung Kalikuning memiliki telaga yang indah, memantulkan barisan pohon yang menjulang tinggi dengan airnya yang jernih.

Telaga ini disebut dengan Telaga Sono Kalikuning, di sekeliling telaga terdapat deretan pohon-pohon, dan bukit berjejer hijau yang memukau mata.

Selain itu, di kampung terpencil ini terdapat sawah-sawah yang disusun bertingkat atau dikenal dengan sebutan sengkedan, biasanya sawah dengan model ini dibuat di daerah perbukitan atau pegunungan.

Kampung ini memiliki data jumlah lansia terbanyak di Kabupaten Pacitan, hal itulah kenapa kampung ini dikenal dengan kampung yang warganya panjang umur.

Jumlah warga yang berusia lansia di kampung ini mencapai 1900 orang.

Dan juga ada lansia yang berumur 100 tahun tapi masih memiliki badan yang bugar.

Kalikuning memiliki banyak lansia yang masih aktif bekerja dan bersemangat dalam mencari nafkah.

Usia harapan hidup di pacitan cukup tinggi, pada tahun 2022 mencapai 72 persen dan kampung Kalikuning diklaim memiliki warga lansia terbanyak di Pacitan.

Warga Kalikuning sering berjalan kaki untuk menuju dari satu tempat ke tempat lain sehingga warganya menjadi lebih sehat.

Selain itu, diungkapkan oleh kasi pemerintahan Kampung Kalikuning bahwa faktor utama yang membuat warga kampung ini menjadi panjang umur adalah karena mengkonsumsi bahan bahan alami dari alam.

Kampung ini ternyata memiliki luas mencapai 2.000 hektar dan merupakan kampung terluas di Kabupaten Pacitan.

Rumah-rumah warga di kampung Kalikuning juga saling berjauhan satu sama lain, karena topografi daerah pegunungan.

Oleh karena itu pemandangan di kampung ini masih teramat asri dengan udara yang menyegarkan.

Pemandangan sawah yang membentang hijau dan deretan pepohonan yang menjulang tinggi, membuat kampung ini menjadi pilihan wisata untuk menikmati keindahan alam. (bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?