5 Cara Mudah Menentukan Hosting Terbaik untuk Bisnis Anda

Ilustrasi hosting. (net)
Ilustrasi hosting. (net)

blok-a.com – Di era digital yang hampir semuanya mampu dioperasikan secara online, kebutuhan akan website semakin meluas di berbagai sektor. Seperti bisnis, perusahaan, bahkan individu. Fungsi asli website yang hanya sebagai penyampai informasi telah berkembang menjadi sarana pemasaran produk.

Dari perspektif ini, para pemilik bisnis juga ikut berambisi memiliki website yang profesional dengan harapan dapat menarik lalu lintas kunjungan yang signifikan atau bahkan menghasilkan pendapatan secara online.

Namun, sebelum tahap memiliki website tercapai, ada tahapan penting yang tak boleh diabaikan, yaitu pemilihan hosting yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mendatang.

Apabila Anda beranggapan bahwa semua layanan hosting sama, itu keliru. Tiap layanan penyedia hosting memiliki ketentuan biaya dan spesifikasi yang beragam.

Berikut cara mudah menentukan hosting terbaik dan memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda:

1. Menentukan Platform yang Dibutuhkan

Platform yang dipilih untuk menciptakan website adalah salah satu aspek yang harus diperhitungkan dalam memilih layanan hosting.

Di Indonesia, mayoritas website dibangun dengan menggunakan platform WordPress yang terkenal karena kemudahan penggunaannya dan dukungan untuk SEO.

Selain WordPress, terdapat pilihan platform lain seperti Blogger, WIX, Joomla, dan sejenisnya. Meskipun berbagai jenis platform ini bisa dijalankan di berbagai paket layanan hosting, disarankan untuk memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya, paket Hosting murah yang ditawarkan oleh DomaiNesia Paket hosting murah telah dioptimalkan khusus untuk menjalankan WordPress dengan kinerja optimal.

Ini akan membantu Anda lebih produktif dalam menghasilkan konten melalui platform WordPress.

2. Pertimbangkan Jenis Website

Faktor berikutnya dalam memilih layanan hosting adalah jenis website yang akan dibuat. Layanan hosting hadir dalam berbagai paket untuk mengakomodasi kebutuhan yang berbeda, tergantung pada karakteristik website.

Misalnya, jika Anda ingin membuat blog atau website pribadi, maka paket hosting murah (shared hosting) dengan biaya terjangkau bisa menjadi pilihan. 

Namun, jika Anda merencanakan website e-commerce dengan banyak produk dan traffic pengunjung yang tinggi, Anda mungkin memilih paket hosting VPS  untuk kinerja yang lebih baik.

Perlu dicatat bahwa hosting VPS lebih cocok untuk website berskala besar, karena sumber dayanya tidak dibagi dengan pengguna lain seperti pada shared hosting.

3. Tentukan Lokasi Target Audience

Pemilihan layanan hosting juga harus mempertimbangkan lokasi pengunjung target dan keamanan data. Jika pengunjung Anda mayoritas berasal dari Indonesia, sebaiknya pilih penyedia layanan hosting dengan pusat data di Indonesia. Ini akan mempercepat kecepatan loading website Anda dan memudahkan komunikasi saat ada masalah.

Data center Indonesia juga memiliki teknologi keamanan yang setara dengan internasional. DomaiNesia sebagai penyedia hosting terbaik memiliki data center di Indonesia, menjamin kualitas layanannya.

4. Jenis Konten yang Akan Disajikan

Jenis konten yang akan disajikan di website juga akan mempengaruhi pemilihan paket hosting. Kebutuhan hosting untuk website dengan artikel tulisan berbeda dengan website video streaming atau galeri gambar. 

Pemilik website harus memahami tujuan website, apakah akan berisi artikel, gambar, atau video langsung untuk pengunjung. Jika website hanya berisi artikel, paket hosting murah sudah cukup.

Namun, website dengan konten video akan lebih baik dengan dedicated server.

5. Pertimbangkan Harga, Kapasitas Hosting, dan Fitur Tambahan

Harga juga mempengaruhi pemilihan hosting terbaik. Namun, harga tinggi tidak selalu menjamin kualitas terbaik. Di Indonesia, banyak hosting murah dengan kualitas baik. 

Pemilihan kapasitas penyimpanan hosting juga penting untuk diperhatikan. Kapasitas mulai dari 500MB hingga 1TB. Kapasitas terkecil mungkin tidak mencukupi untuk website yang sering diperbarui. Untuk pemula yang memerlukan hosting untuk kebutuhan blog maupun portofolio, sebaiknya memilih paket hosting dengan minimal 1GB penyimpanan. 

Selain fitur utama, penting untuk meneliti pula fitur ekstra yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting Anda. Tersedia banyak fitur ekstra yang bisa dimanfaatkan namun Anda harus menyeleksi yang sesuai dan relevan dengan kebutuhan Anda. Dari berbagai pilihan fitur tersebut, pastikan Anda berfokus pada fitur terkait perlindungan dan keamanan website.

Memilih hosting terbaik adalah langkah penting dalam memastikan website Anda berjalan dengan baik dan efisien. Pilihlah sesuai dengan platform, jenis website, lokasi pengunjung, jenis konten, harga, dan kapasitas hingga fitur tambahan yang dibutuhkan. (*/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?