Fakta-Fakta Kecelakaan Bus Rosalia Indah di Tol Batang, Tewaskan 7 Penumpang

Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di ruas Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (11/4/4024). (Humas Polda Jateng)
Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di ruas Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (11/4/4024). (Humas Polda Jateng)

blok-a.com – Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan tunggal di KM 370 Tol Semarang-Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2024) sekitar pukul 06.35 WIB.

Sebanyak 7 penumpang dilaporkan tewas, dua di antaranya merupakan balita.

Dari tujuh korban meninggal, empat orang telah teridentifikasi, masing-masing dua orang dari Bekasi (Jawa Barat), satu orang asal Wonogiri (Jawa Tengah), dan satu orang asal Nganjuk (Jawa Timur).

Sementara 17 penumpang lainnya mengalami luka-luka masih dirawat di Rumah Sakit Islam Kendal.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut fakta-fakta kecelakaan bus Rosalia Indah di Tol Batang:

Kronologi Kejadian

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Satake Bayu mengungkapkan, saat kejadian bus nopol AD 7019 OA tersebut tengah melaju di jalur A dari arah barat ke timur di lajur kiri.

Sesampainya di TKP, bus tiba-tiba keluar jalur dan masuk ke parit.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang Ajun Komisaris Polisi Wigiyadi menambahkan bus Rosalia Indah sempat terseret sekitar 150 meter saat terperosok ke parit.

“Bus masuk ke parit, kemudian terseret sekitar 150 meter,” katanya.

Akibatnya, sejumlah penumpang terjepit hingga terlempar keluar bus.

“Kalau melihat kejadian ada lima korban meninggal yang terlempar keluar, kemudian dua lainnya terjepit,” tambahnya.

Bawa Pemudik Tujuan Jatim

Bus Rosalia Indah tersebut membawa 32 penumpang, 1 sopir dan 1 kondektur.

Kepala Kepolisian Resor Batang Ajun Komisaris Besar Polisi Nur Cahyo Ari Prasetyo mengatakan, bus tersebut membawa pemudik tujuan Jawa Timur (Jatim).

“Seluruh penumpang bus merupakan pemudik yang berangkat dari Terminal Pondok Ungu Bekasi dengan tujuan Jawa Timur,” kata Nur Cahyo usai mengecek kondisi korban selamat di RS Islam Kendal.

Bus Sempat Diganti

Menurut Kapolres Batang AKBP Nur Cahyo Ari Prasety, bus tersebut sempat diganti di KM 227 ruas Tol Semarang-Batang, pukul 01.31 WIB. Namun, tidak dengan sopir bus.

“Di KM 227 pukul 01.31 (bus) berhenti kemudian penggantian bus. Pukul 03.30-04.00 berjalan dari KM 227 hingga terjadi kecelakaan di pagi hari,” kata Cahyo saat konferensi pers di Rumah Sakit Weleri, Kendal, Kamis, dikutip dari tayangan Kompas TV.

Sopir Diduga Kelelahan

Sementara, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, penyebab kecelakaan ini diduga karena sopir bus mengalami kelelahan.

Hingga sang sopir mengalami microsleep atau tertidur selama beberapa detik.

“Keterangan dari saksi, terutama pengemudi bus, ini keterangannya memang dari awal sudah kelelahan. Kemungkinan terjadi microsleep maka terjadi kecelakaan tunggal,” ujar Aan saat konferensi pers.

Saat ini sopir PO Rosalia Indah tersebut telah diamankan dan dilakukan pemeriksaan. Sementara sang kondektur bus dilaporkan turut menjadi korban tewas. (lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?