Mahasiswa Semester Akhir Wajib Tahu! Ini 5 Tools yang Bikin Permudah Skripsi

mahasiswa skripsi
Ilustrasi. (Times Higher Education)

blok-a.com Sebagai seorang mahasiswa yang tengah menempuh semester akhir, menyelesaikan skripsi adalah langkah penting dan wajib dalam perjalanan masa studi.

Namun, proses tersebut seringkali dihadapi dengan tantangan dan kesulitan yang membutuhkan waktu dan usaha lebih.

Di era digital ini, kesulitan dapat dipemudah melalui akses internet. Kini telah hadir berbagai macam tools dalam membantu proses skripsimu menjadi lebih mudah.

Berikut beberapa tools yang menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas karya skripsi:

1. Abstrak Otomatis: Classgist

Abstrak merupakan inti pokok yang didapat dari suatu penelitian. Abstrak biasa terletak diposisi awal sebelum memasuki bagian bab.

Meski terlihat mudah, dalam menyusun abstrak bisa saja mengalami kesulitan. Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan salah satu website yaitu Classgist.

Classgist merupakan tools AI dalam pembuatan abstrak otomatis yang bisa kamu Amati, Tiru, Modifikasi (ATM) sesuai dengan karakter penulisan.

Cara mengaksesnya pun mudah, kamu cukup memasukkan deskripsi pada boks sesuai penelitian.

Beberapa poin yang harus ada didalamnya meliputi deskripsi keseluruhan tentang studi, metode penelitian, hasil atau pembahasan, dan kesimpulan.

Tools AI ini bisa kamu akses melalui situs resmi pada tautan https://classgist.com/abstract-generator.

2. Daftar Pustaka Otomatis: Mendeley

Mendeley menjadi salah satu aplikasi wajib bagi mahasiswa dalam melakukan penulisan artikel ilmiah, jurnal, ataupun penelitian.

Dengan menggunakan Mendeley akan mempermudah kamu dalam membuat sitase dan daftar pustaka.

Cara kerja mendeley akan berjalan secara otomatis dalam membuat daftar pustaka jika kamu sudah membuat library di Mendeley.

Library tersebut juga akan membantu kamu dalam membuat catatan kaki atau bodynote secara otomatis. 

Untuk informasi lebih lengkap tentang Mendeley kamu dapat mengaksesnya di https://www.mendeley.com/?interaction_required=true.

Jadi, dengan menggunakan mendeley, kamu tidak lagi kesulitan membuat daftar pustaka secara manual yang memakan waktu lama!

3. Cek Plagiasi No Repository: Turnitin

Ketika dihadapkan dengan sebuah penulisan karya ilmiah seperti artikel, jurnal dan skripsi, pastinya kamu akan dipertanggungjawabkan atas orisinalitas karya ilmiah yang kamu tulis. Jika tidak, maka hasil tulisanmu tidak akan sah karena masuk dalam sebuah plagiarisme.

Untuk menghidari plagiarisme, kamu perlu memanfaatkan aplikasi Turnitin. Turnitin merupakan tools untuk mendeteksi plagiarisme yang mampu mengidentifikasi apakah suatu tulisan memiliki kesamaan dengan karya tulis yang ada di internet, mencakup pada artikel ilmiah, jurnal, buku, dan lainnya.

Dengan menggunakan algoritma yang canggih, turnitin mampu bekerja secara valid dalam menunjukkan seberapa besar persentase kemiripan antara teks yang diunggah dan teks yang sudah ada dalam internet. Kamu bisa mengaksesnya melalui halaman resmi Turnitin di www.turnitin.com

4. Bantu Parafrase: Quillbot

Dalam dunia akademik, khususnya dalam menulis skripsi hal penting yang perlu diperhatikan ialah orisinalitas hasil tulisan. Kamu tidak diperkenankan untuk menyalin karya orang lain atau melakukan plagiasi, karena termasuk pada pelanggaran etika.

Namun kadang kamu akan merasa kebingungan dalam menyusun kalimat agar tidak sama dengan milik orang lain, tanpa harus mengubah substansi yang ingin disampaikan. Maka dari itu, solusi yang kamu lakukan ialah dengan menguasai kemampuan parafrase.

Parafrase merupakan proses penulisan kembali narasi dengan menggunakan berbagai kata ganti tanpa mengubah maknanya. Kamu tidak perlu kebingungan, karena saat ini, ada aplikasi parafrase otomatis yang bisa dipakai secara online yaitu Quillbot. 

Quillbot merupakan aplikasi berbasis AI yang akan memudahkan kamu dalam melakukan parafrase dan tidak kesulitan mencari kata pengganti (sinonim). Untuk mengaksesnya kamu bisa mengunjungi melalui tautan https://quillbot.com/

Referensi Karya Ilmiah: Perplexity

Perplexity merupakan teknologi kecerdasan berbasis AI. Layaknya cara kerja Search Engine pada umumnya, Perplexity memiliki tools yang dapat membuat kamu menemukan referensi atau menjawab pertanyaan. Namun yang membedakan dalam Perplexity ialah Chatbot dengan basis kecerdasan buatan.

Dengan fitur yang ditawarkan, Perplexity mampu menjawab semua pertanyaan yang kamu tulis dengan menjelajahi web untuk menemukan informasi yang relevan. Perplexity mampu merangkum informasi tersebut dengan cara yang ringkas dan mudah dipahami.

Menghadirkan teknologi yang canggih, Perplexity memiliki fitur unggul dengan mampu mencantumkan sumber pencari dari jawaban yang ditampilkan, serta dapat mengedit pernyataan untuk mendapat jawaban yang lebih kredibel. lengkapnya kamu dapat akses melalui https://www.perplexity.ai/

Di dunia akademis yang kompetitif, menghadapi skripsi bisa menjadi hal yang menakutkan bagi mahasiswa.

Namun, dengan memanfaatkan 5 tools inovasi teknologi yang sudah disebutkan diatas, skripsi tidak lagi menjadi hal yang menakutkan.

Jangan jadikan skripsi sebagai beban, tapi jadikan sebagai batu loncatan dalam meraih mimpi.(*)

Penulis: Ratna Damayati (Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?