Tanpa Persyaratan Ribet, Polres Malang Siapkan Balik Mudik Gratis Hingga Jakarta

Caption : Pos pelayanan Polres Malang yang berlokasikan di Exit Tol Karanglo (Blok-a.com / Putu Ayu Pratama S)
Caption : Pos pelayanan Polres Malang yang berlokasikan di Exit Tol Karanglo (Blok-a.com / Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Polres Malang luncurkan program balik mudik gratis bagi pemudik yang menghabiskan masa liburnya di wilayah Kabupaten Malang.

Sesuai dengan instruksi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada perayaan lebaran dan Idul Fitri tahun ini. Polres Malang luncurkan program balik gratis hingga Jakarta bagi pemudik yang menghabiskan masa liburnya di wilayah Kabupaten Malang.

Pendaftaran balik gratis ini sudah dibuka sejak 19 April 2023 di Markas Polres Malang, Kepanjen, Kabupaten Malang. Sementara itu untuk keberangkatan akan dilaksanakan pada Selasa (25/04/2023).

Kasatlantas Polres Malang, AKP Agnis Juwita Manurung mengatakan, untuk calon pendaftar balik gratis ini hanya perlu membawa identitas KTP. Selanjutnya, petugas akan melakukan pendataan sesuai dengan tujuan kota/kabupaten yang telah disediakan.

“Polres Malang akan memfasilitasi pemudik yang ingin kembali ke tempat kerjanya usai lebaran Idul Fitri tahun 2023,” kata Agnis saat dikonfirmasi Blok-a.com, Senin (24/04/2023).

Dikatakan Agnis, untuk rute yang akan dilayaninyakni melalui jalur Barat maupun Timur dari wilayah Kabupaten Malang. Rute yang disiapkan dari arah Barat yakni Malang – Semarang – Jalur Pantura Jateng – Jalur Pantura Jabar Hingga Jakarta.

“Rute kedua yakni, Malang – Nganjuk – Madiun – Ngawi. Sedangkan untuk rute timur meliputi Malang – Probolinggo – Jember – Bondowoso,” jelasnya.

Terpisah, Kasi Humas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik mengatakan, Polres Malang sementara ini menyiapkan tiga unit bus untuk dua tujuan.

Disinggung terkait kuota yang disiapkan, Taufik mengatakan jumlah kuota akan mengikuti animo masyarakat. Sehingga dimungkinkan jumlah aramada akan bertambah.

“Keberangkatan tanggal 25 Apil 2023. Armada sudah kita siapkan tiga unit (bus) bisa sementara. Nanti bisa menyesuaikan dengan animo masyarakat,” pungkasnya.

Taufik berharap, program balik gratis ini dapat membantu masyarakat serta mengurangi resiko kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara.

“Bagi masyarakat yang melaksanakan perjalanan mudik agar lebih berhati-hati, tetap konsentrasi saat berkendara, semoga lancar sampai tujuan dengan selamat,” pungkasnya.

(ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?