Pagar Alun-alun Tugu Malang Segera Dibongkar-Dipercantik, Jadi Pilihan Wisata di Tengah Kota

tugu malang 2
Situasi Alun-alun Tugu Malang. (Blok-a.com/Putu Ayu Pratama S)

Kota Malang, blok-a.com – Rencana pembongkaran pagar Alun-alun Tugu Malang kemungkinan segera dilakukan.

Sebab usulan pembongkaran pagar Alun-alun Tugu Malang dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang itu disetujui oleh DPRD Kota Malang.

Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Fathol Arifin menjelaskan, perombakan itu sudah ditanyakan ke pihak eksekutif. Dia sepakat bahwa Alun-alun Tugu Malang dibongkar karena ingin membentuk kesan seperti semula dibangun di jaman Belanda.

“Ketika itu kami tanyakan ke Wali Kota dalam forum Paripurna, katanya untuk mengembalikan bentuk alun alun seperti semula terbangun di zaman Belanda,” kata Fathol Arifin, Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Selasa (7/3/2023).

Pembongkaran itu pun tidak satu-satunya yang akan dilakukan di Alun-alun Tugu Malang. Ada sejumlah perbaikan dan pembangunan lainnya seperti pelebaran pedestrian.

Perbaikan di Alun-alun Tugu Malang ini, kata Fathol, diharapkan mampu menjadi pilihan warga Kota Malang untuk berwisata di tengah Kota Malang selain Kayutangan Heritage.

“Pak wali juga menyampaikan bahwa itu untuk mengantisipasi meluapnya pengunjung Kayutangan Heritage,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman Wijaya mengatakan bahwa revitalisasi Alun alun Tugu Kota Malang bakal dimulai di 2023 ini. Dikatakan, beberapa bagian alun alun akan segera dirombak.

Rahman mengatakan bahwa Detail Engineering Design (DED) revitalisasi itu sudah rampung. Menurutnya, saat ini pihaknya sedang melalui proses jelang lelang proyek revitalisasi tersebut.

“Anggarannya kemarin jatuhnya di Rp 6,9 milyar. Nanti terdiri dari beberapa pekerjaan, salah satunya pekerjaan yang menitikberatkan normalisasi saluran. Karena beberapa waktu lalu saat curah hujan tinggi masih muncul banyak genangan di beberapa titik, itu akan kami perbaiki,” bebernya.

Selain itu, pihaknya akan membongkar pagar luar untuk pelebaran pedestrian. Penataan taman hingga penyediaan fasilitas ramah disabilitas juga akan dihadirkan dalam Alun alun Tugu Kota Malang yang baru.

“Pada umumnya, kami tidak akan merubah bentuk alun alun, beberapa pendukung seperti pagar, lanscapenya hingga pedestrian akan kami perbaiki. Di sana juga akan kami sediakan tempat untuk masyarakat duduk duduk menikmati, ditambah sarana pendukung untuk penyandang disabilitas,” tandasnya. (bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?