Kebakaran di Pagelaran: Toko Furniture Hangus, Rugi Rp 700 Juta

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Kembali terjadi kebakaran yang menimpa Toko Mebel Furniture yang disebabkan karena adanya korsleting listrik. Kali ini kebakaran terjadi di Desa Adiluwih RT 07 RW 02, Karangsuko, Kecamatan Pagelaran.

Kebakaran tersebut dilaporkan oleh Kasi Trantib Kecamatan Pagelaran pada Senin (18/9) kemarin sekitar pukul 22.00 WIB.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (BPPK) Satpol-PP Kabupaten Malang, Sigit Yuniarto.

Ia mengatakan, setelah menerima informasi tersebut, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) langsung bergegas menuju lokasi kejadian.

“Petugas berangkat ke lokasi sekitar pukul 22.05 WIB, sesampainya dilokasi langsung melakukan tindakan sekitar pukul 22.10 WIB,” terang Sigit kepada awakmedia, Selasa (18/9/2023).

Karena terdapat barang yang mudah terbakar seperti mebel dan funiture, bangunan rumah beserta Toko Mebel milik Edi Susanto (35), warga setempat itu baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.00 WIB.

“Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” ungkapnya.

Namun, pemilik rumah dan toko mebel funiture dengan luas 13 x 35 meter tersebut ditafsir manggung kerugian material mecapai ratusan juta rupiah.

“Kerugian mencapai ratusan juta, sekitar Rp700 juta,” pungkasnya.

Sebelumnya, kejadian serupa juga menimpa dua kios mebel di Pasar Wajak. Hampir seluruh bangunan gudang dan seisinya habis terbakar. Kebakaran tersebut mencapai 70 persen dari barang yang ada, 30 persen lainnya berhasil diselamatkan.

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (12/9/2023) sekitar pukul 09.00 WIB silam.

Polisi menyebut, kebakaran yang menimpa dua kios milik kakak beradik asal Wajak itu terjadi karena adanya arus pendeklistrik yang terjadi di bagian gudang penyimpanan barang.

Kapolsek Wajak, AKP Sumarsono menerangkan, kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek setempat sekitar pukul 09.30 WIB.

“Setelah kami menerima laporan lewat telfon anggota langsung ke TKP,” ujar Sumarsono pada awakmedia di lokasi kejadian, Rabu (12/9/2023). (ptu/bob)