Kapan Waktu yang Tepat Bayar Zakat Fitrah? Berikut Jawabannya

Bank Indonesia Ajak Masyarakat Berzakat Lewat Kanal Digital
Bank Indonesia Ajak Masyarakat Berzakat Lewat Kanal Digital

blok-a.comUmat Islam diwajibkan membayarkan zakat fitrah karena hal ini sudah menjadi ketetapan seperti diterangkan dalam Al-Qur’an.

Maka dari itu jika kewajiban ini diingkari, maka menyebabkan orang yang ingkar menjadi kufur. Lalu kapankah waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah?

Untuk diketahui bahwa kewajiban zakat telah ditetapkan oleh beberapa ayat Al-Qur’an, di antaranya adalah firman Allah SWT yang artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan mensucikan mereka”, (QS At-Taubah: 103).

Sebelum membayar zakat, seseorang hendaknya berusaha untuk memiliki pengetahuan yang cukup tentang zakat agar bisa melaksanakannya sesuai dengan prosedur syariat.

Lalu kapankah waktu bayar zakat fitrah yang tepat?

Menurut penjelasan Buya Yahya, pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah, kapan bayar zakat fitrah yang tepat adalah dari awal Ramadhan hingga sebelum salat hari raya Idul Fitri.

Hal ini karena waktu yang paling tepat atau sunnah membayar zakat adalah sebelum salat hari raya Idul Fitri agar manfaatnya bisa dirasakan di hari itu dan orang fakir bisa berhari raya dengan tenang tanpa sibuk mencari makan.

Penjelasan ini dilansir dari sebuah tayangan di akun YouTube Al-Bahjah TV yang diunggah pada 21 Juni 2019.

Selain itu, dalam mazhab Imam Syafi’i waktu yang diizinkan untuk membayar zakat satu tahun sekali itu adalah saat seseorang sudah menemui bulan Ramadan dan dia belum menemui Syawal, sehingga orang yang membayar zakat harus menemui kedua syarat tersebut.

Dalam mazhab Imam Syafi’i, seseorang boleh membayar zakat fitrah dari awal Ramadhn.

Namun, jika seseorang terlambat membayar zakat hingga setelah salat hari raya Idul Fitri, hukumnya adalah makruh. Dan jika terlambat hingga setelah matahari terbenam pada hari itu, maka hukumnya adalah haram.

Namun, walaupun terlambat, tetap diwajibkan untuk membayar zakat fitrah dan keterlambatan tersebut akan menjadi hutang yang harus segera dibayar.

Untuk pembayaran zakat fitrah, jika ada pengurus masjid yang mengumpulkan zakat secara bersama, maka boleh dititipkan kepada pengurus masjid.

Namun, jika seseorang merasa tidak nyaman atau meragukan tempat tersebut, maka seseorang dapat membayar zakat secara langsung. Keduanya diperbolehkan dalam Islam.

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?