Gunung Merapi Erupsi, Berikut Doa untuk Keselamatan dari Bencana dan Musibah Beserta Artinya

gunung merapi erupsi
Tangkapan layar video detik-detik Gunung Merapi meluncurkan awan panas (foto: Twitter/@BPPTKG)

blok-a.com – Gunung Merapi erupsi Sabtu (11/3/2023) kemarin. Untuk selamat dari erupsi Gunung Merapi ada doa yang bisa dibaca saat situasi bencana tersebut.

Bacaan doa ini bisa Anda amalkan saat gunung Merapi erupsi.

Selain mengikuti anjuran dan imbauan dari tim terkait, Anda bisa membaca doa agar selamat dari bencana sebagai bentuk ikhtiar kepada Allah SWT.

Saat terjadi bencana, umat muslim dianjurkan untuk berdoa dan menyelamatkan diri.

Berikut adalah doa untuk terhindar dari bencana melansir dari nu.or.id.

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal hadmi wa a‘ûdzubika minat taraddî wa a‘ûdzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a‘ûdzubika an yatakhabbathanîsy syaithânu ‘indal maut wa ‘aûdzubika an amûta fî sabîlika mudbiran wa a‘ûdzubika an amûta ladîghan

Artinya: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat. (HR Abu Daud)

Selain itu, terdapat juga doa bagi mereka yang tertimpa musibah.

إنَّا للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْها

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.”

Demikianlah informasi mengenai bacaan doa agar selamat dari bencana gunung meletus. Semoga bermanfaat.

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?