DPRD Usul Agar Ada Regulasi Tentang AI di Kota Malang

Penggunaan AI Google Bard untuk membuat contoh ide. (foto : Widya Amalia/Blok-A)
Penggunaan AI Google Bard untuk membuat contoh ide. (foto : Widya Amalia/Blok-A)

Kota Malang, Blok-acom – Keberadaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sedang menjadi sorotan.

Pasalnya, AI mampu mengganti sejumlah pekerjaaan. Pekerjaan-pekerjaan yang dulu dibutuhkan, nantinya bisa berpotensi tidak terpakai lagi karena AI.

Oleh karena itu, menurut anggota Komisi D Kota Malang, Ahmad Farih Sulaiman, regulasi terkait AI diperlukan. Regulasi tentang AI itu harus dipikirkan mulai sekarang.

“Terkait dengan fenomena AI menurut saya kemajuan teknologi ini kan merupakan sebuah hal yang tidak bisa kita hentikan,” ujar dia.

Regulasi tentang AI diperlukan di Kota Malang karena untuk melindungi warga Kota Malang ke depannya.

Regulasi itu akan melindungi warga dari sisi ekonomi ataupun budaya di tengah adanya AI nantinya.

“Tinggal bagaimana ke depan itu Pemkot Malang atau siapapun stakeholder di Kota Malang ini membuat aturan atau regulasi tentang AI. Agar tidak menghilangkan hak hak individu. Baik dari sisi sosial ekonomi maupun budaya,” ujar dia.

Sementara itu, regulasi ini perlu adanya karena AI tidak bisa dibendung. Pemkot Malang tidak bisa menyetop AI untuk masuk Kota Malang.

Sebab, keberadaan AI memang memberikan manfaat. Manfaatnya adalah mempermudah beberapa kebutuhan pekerjaan saat ini. Bahkan beberapa perusahaan kini menggunakan AI untuk membantu pekerjaan mereka.

Namun, yang perlu menjadi catatan dalam beberapa kasus, AI mampu menghapus sejumlah pekerjaan juga. Karena AI sudah bisa mengerjakan secara otomatis sejumlah pekerjaan dengan cepat dan tepat. Akhirnya lapangan pekerjaan pun akan berkurang.

Untuk itu, penggunaan AI, lanjut dia, harus tepat guna dan sasaran nantinya.

“Kebijakan dibutuhkan, harus betul-betul dibuatkan sebuah regulasi. Jangan sampai kemudian kehadiran AI ini menghilangkan pekerjaan,” pungkas politikus PKB ini. (mg2/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?