Aturan Baru KAI Commuter per 1 Agustus, Kapasitas Penumpang Dikurangi

KAI Commuter Line wilayah atau KA Lokal yang ada di Wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya. (humas Daop 7 Madiun)
KAI Commuter Line wilayah atau KA Lokal yang ada di Wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya. (humas Daop 7 Madiun)

Blitar, blok-a.com – Public Service Obligation (PSO) atau kebijakan layanan publik merupakan subsidi yang diberikan oleh Pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya yang ditugaskan kepada KAI Commuter untuk pelayanan angkutan kereta api kelas ekonomi.

Mulai 1 Agustus 2023, KAI Commuter menerapkan penyesuaian terkait aturan jumlah kapasitas pengguna dinamis (load factor) pada perjalanan commuter line yang ada di wilayah kerja KAI Commuter.

Sesuai dengan Surat dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan No.M.006/3/9/K2//DJKA/2023 Tanggal 17 Juli 2023, tentang Penyesuaian Kapasitas Penumpang, KAI Commuter menyesuaikan kapasitas jumlah pengguna pada 16 pelayanan perjalanan Commuter Line wilayah atau KA Lokal yang ada di Wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya.

Penyesuaian jumlah kapasitas pengguna ini, diterapkan pada perjalanan commuter line yang memiliki jarak tempuh perjalanan lebih dari 100 kilometer, dan menggunakan sarana kereta kelas ekonomi (K3).

Hal ini disampaikan, VP Corporate Secreatary
KAI Commuter, Anne Purba.

“Aturan kapasitas dinamis pengguna yang berlaku sebelumnya memiliki kapasitas 150% pengguna dari jumlah tempat duduk 100% dengan tempat duduk, dan 50 % tiket tanpa tempat duduk. Saat ini menjadi 120 % pengguna 100 % dengan tempat duduk, dan 20 % tiket tanpa tempat duduk,” kata Anne Purba, Selasa (01/08/2023).

Lebih lanjut Anne menyampaikan, saat ini KAI Commuter memberikan kemudahan kepada seluruh pengguna dalam melakukan pembelian dan pemesanan tiket Commuter Line wilayah, melalui aplikasi KAI Access.

Pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari (H -7) sebelum hari pemberangkatan dengan memasukan data-data yang sesuai dengan identitas diri.

Sedangkan untuk pembelian tiket Commuter Line secara langsung, hanya dapat dilayani di hari yang sama pada tanggal pemberangkatan sepanjang tiket keberangkatan masih tersedia.

“Sebelum melakukan perjalanan, pengguna diwajibkan melakukan proses boarding di stasiun keberangkatan untuk dilakukan pemeriksaaan dan validasi tiket keberangkatan,” jelasnya.

Ditambahkannya, KAI Commuter tetap memberikan standar layanan yang sama dengan layanan Commuter Line Jabodetabek yang sudah berhasil diterapkan.

“Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat dimana kami hadir,” pungkasnya. (jar/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?