RS Surabaya Timur Rp500 Miliar Segera Dibangun

Kadinkes Pemkot Surabaya Nanik Sukristina SKM, M.Kes.
Kadinkes Pemkot Surabaya Nanik Sukristina SKM, M.Kes.

Surabaya, blok-a.com – Pemerintah Kota Surabaya berkomitmen meningkatkan mutu dan akses layanan kesehatan bagi masyarakat. Tahun ini akan dimulai pembangunan Rumah Sakit (RS) di wilayah Surabaya Timur, dengan anggaran Rp500 miliar secara multiyears.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Nanik Sukristina, SKM, MKes, memaparkan kepada blok-a.com secara khusus perihal pembangunan RS tersebut.

Menurut Nanik, RS Surabaya Timur ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah akan layanan RS yang masih belum terpenuhi. Mengingat Surabaya juga merupakan rujukan bagi Jawa Timur bahkan Indonesia Timur.

Ditanya soal waktu pengerjaan RS Surabaya Timur, Nanik belum dapat memastikan karena masih dalam proses lelang.

“Saat ini masih dalam proses pengumuman lelang konstruksi. Pelaksanaan pekerjaan diharapkan dapat dimulai pada bulan September 2023 hingga Desember 2024,” jelasnya.

Menurut Kadinkes, jika nanti RS Surabaya Timur telah resmi dibangun, maka warga Surabaya Timur tidak perlu harus jauh-jauh lagi menuju RSUD dr Soewandhie yang ada di Surabaya Utara.

Terkait anggaran multiyears, di tahun pertama di 2023 sebesar Rp200 miliar, sedangkan di tahun berikutnya sebesar Rp300 miliar.

RS Surabaya Timur ini nantinya akan difungsikan sebagai Rumah Sakit Umum, hanya saja konsentrasi dan spesifikasinya untuk ibu dan anak.

Selain fungsi itu nantinya RS Surabaya Timur juga fokus untuk pelayanan anak yang menderita kelainan jantung.

Adapun lokasi pembangunan RS Surabaya Timur rencananya menempati lahan di sekitar MERR Kali Rungkut dengan luas lahan sekitar 17.700 hektare.

Bangunannya akan dibuat tinggi dengan delapan lantai beserta dua tower, dan dijadwalkan operasional pada 2024.(kim/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?