Menjaga Kesehatan Mental, Kunci Kesejahteraan Emosional

ilustrasi menjaga kesehatan mental (sumber: freepik)
ilustrasi menjaga kesehatan mental (sumber: freepik)

blok-a.com – Kesehatan mental merupakan aspek penting dari kesejahteraan yang sering kali diabaikan. Kesehatan mental mencakup perasaan, pikiran, dan perilaku kita sehari-hari, dan memiliki dampak signifikan pada kualitas hidup kita secara keseluruhan. 

Menurut National Adolescent Mental Health Survey permasalahan mental yang kerap dialami remaja adalah gangguan kecemasan. Dengan  angka mencapai 26,7 persen. 

Selanjutnya, masalah yang terkait dengan kesulitan dalam pemusatan perhatian dan hiperaktivitas terjadi pada 10,6 persen, depresi pada 5,3 persen, masalah perilaku pada 2,4 persen, dan stres pascatrauma pada 1,8 persen.

Bahkan mirisnya, beberapa remaja juga melaporkan adanya kecenderungan perilaku bunuh diri dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Dalam keseluruhan sampel, 1,4 persen dari mereka melaporkan memiliki pemikiran untuk bunuh diri, 0,5 persen telah merencanakan tindakan bunuh diri, dan 0,2 persen melaporkan pernah mencoba untuk melakukan percobaan bunuh diri dalam 12 bulan terakhir.

Terlepas dari seberapa sibuknya kehidupan modern, menjaga kesehatan mental harus menjadi prioritas. Kesehatan mental yang baik tidak hanya berarti tidak menderita gangguan mental, tetapi juga mencakup kemampuan kita untuk mengelola stres, menjalin hubungan yang sehat, merasa bahagia, dan merasa percaya diri. 

Terdapat alasan mengapa menjaga kesehatan mental itu penting, berikut paparannya;

1. Pengaruh pada Kesehatan Fisik

Kesehatan mental yang buruk berdampak negatif pada kesehatan fisik. Stres kronis, misalnya, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan gangguan lainnya.

2. Hubungan yang Lebih Baik 

Kesehatan mental yang baik membantu kita menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain. Ini dapat meningkatkan kebahagiaan dan kualitas hidup secara keseluruhan.

3. Produktivitas

Kesehatan mental yang baik juga berhubungan dengan produktivitas. Ketika kita merasa baik secara mental, kita lebih mampu fokus, bekerja efisien, dan mencapai tujuan kita.

4. Ketangguhan Mental

Ketangguhan mental adalah kemampuan untuk mengatasi rintangan dan stres dalam hidup. Kesehatan mental yang baik membantu kita menjadi lebih tangguh dalam menghadapi tantangan.

Dengan data serta berbagai alasan mengapa menjaga kesehatan mental itu penting, maka diperlukan penanganan yang tepat. Terdapat beberapa cara menjaga mental tetap stabil, berikut caranya;

1. Pentingnya Istirahat

Istirahat yang cukup adalah kunci untuk menjaga kesehatan mental. Pastikan memiliki waktu tidur yang cukup, beristirahat, dan memberi waktu bagi diri sendiri untuk melepaskan stres. Dengan badan dan pikiran yang segar juga membuat lebih siap jika menemui permasalahan.

2. Aktivitas Fisik

Olahraga secara teratur memiliki efek positif pada kesehatan mental. Ini membantu mengurangi stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan energi. Seperti dalam peribahasa “Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat”.

3. Makan Sehat

Diet yang seimbang dan sehat berdampak besar pada kesehatan mental. Hindari konsumsi makanan cepat saji dan perbanyak konsumsi buah, sayuran, dan protein sehat. Namun jangan lupa sesekali menikmati makanan favorit anda, dengan begitu akan timbul kebahagian dalam diri anda.

4. Meditasi dan Relaksasi

Latihan meditasi dan relaksasi seperti yoga dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan emosional. Ketika melakukan kegiatan yang menenangkan bisa membuat anda dapat lebih mengontrol serta merecovery berbagai masalah.

5. Tetap Aktif Bersosial

Menjaga hubungan sosial yang sehat dan aktif dapat meningkatkan kesehatan mental. Cobalah untuk menjalin hubungan positif dengan orang-orang di sekitar, hubungan yang positif itu bagaikan memberi energi positif terhadap diri anda.

Jangan ragu untuk mencari dukungan dari teman, keluarga, atau seorang profesional jika diperlukan. Orang-orang ini dapat menjadi tempat meluapkan energi negatif yang selama ini terpendam dalam diri.

6. Atur Prioritas

Terkadang, beban pekerjaan atau tanggung jawab yang terlalu banyak dapat mempengaruhi kesehatan mental. Pelajari untuk mengatur prioritas dan membagi waktu dengan bijak, mengatur mana yang perlu didahulukan.

7. Jangan Menyembunyikan Perasaan

Jangan menekan perasaan anda, izinkan diri anda merasakannya dan bicarakan jika perlu. Ini adalah langkah penting untuk mengatasi masalah dan menghindari akumulasi stres.

8. Pencapaian dan Tujuan

Tetapkan tujuan yang realistis dan nikmati pencapaian anda. Ini dapat meningkatkan rasa bangga terhadap diri sendiri, dari rasa bangga ini timbul pemikiran bahwa anda telah berhasil melewati berbagai rintangan. Namun jika menemui kegagalan jangan pernah putus asa, karena berbagai kesempatan yang lebih besar telah menanti di depan.

Menjaga kesehatan mental adalah investasi dalam kualitas hidup kedepannya. Dengan perhatian yang tepat pada kesehatan mental, kita dapat mengurangi stres, meningkatkan kualitas hubungan, dan mencapai kesejahteraan emosional yang lebih besar. 

Ingat, menjaga kesehatan mental adalah perjalanan yang berkelanjutan, serta langkah-langkah kecil dapat membuat perubahan besar. Jadi, berikan diri waktu untuk merawat kesehatan mental dan jadikan itu sebagai prioritas utama dalam hidup.(mg4)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?