5 Keajaiban dan Manfaat Luar Biasa Minum Air Kelapa bagi Kesehatan

Ilustrasi: air kelapa (sumber: food republic)
Ilustrasi: air kelapa (sumber: food republic)

Blok-a.com – Minum air kelapa memang lezat dan menyegarkan. Tapi selain kenikmatannya, ternyata air kelapa juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan. Maka tidak heran jika sejak dulu masyarakat telah mengenal dan memanfaatkan khasiatnya.

Sejumlah manfaat kesehatan bisa Anda peroleh dengan minum air kelapa secara rutin. Berikut berbagai manfaat air kelapa untuk kesehatan.

Manfaat Minum Air Kelapa untuk kesehatan

1. Sumber Cairan Alami

Air kelapa adalah salah satu sumber hidrasi alami terbaik di dunia. Cairan alami ini dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Kandungan mineralnya, seperti kalium, natrium, dan magnesium, membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang karena aktivitas fisik atau cuaca panas. Rasa yang segar dan manis membuat air kelapa menjadi minuman penghilang dahaga.

2. Pereda Sakit Kepala dan Menurunkan Berat Badan

Air kelapa juga dapat berfungsi sebagai obat sakit kepala. Salah satu penyebab sakit kepala adalah kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Sehingga konsumsi air kelapa yang membantu meredakan dehidrasi dapat mengurangi gejala sakit kepala.

Metabolisme tubuh berjalan lancar dan optimal karena dengan mengonsumsi air kelapa. Maka selain meredakan dehidrasi, ini juga baik untuk program diet. Sehingga bisa disimpulkan bahwa konsumsi air kelapa dapat membantu menurunkan berat badan. Asalkan diiringi dengan konsumsi kalori dan lemak yang tidak berlebihan.

3. Tinggi Kalium

Dalam secangkir air kelapa terkandung 500mg kalium. Seorang ahli imunologi nutrisi dan komunikasi sains, Megan Meyer, PhD, memberikan penekanan khusus pada kandungan kalium dalam air kelapa. Ini merupakan elektrolit yang mendukung fungsi otot.

“Pedoman diet telah mengidentifikasi kalium sebagai salah satu dari empat nutrisi yang menjadi perhatian. Asupan kalium yang tidak mencukupi dapat meningkatkan tekanan darah, menguras kalsium dalam tulang, dan meningkatkan risiko batu ginjal,” ungkapnya.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium dalam air kelapa juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

“Hal ini karena kalium mampu membantu mengendurkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah yang sehat dan mengatur tingkat tekanan darah,” kata seorang ahli diet dan penasihat nutrisi, Sarah Olszewski, MS, RDN, CDN.

Menurut American Heart Association (AHA), hal ini biasa terjadi jika kita mengonsumsi natrium secara berlebihan yang cenderung meningkatkan tekanan darah. Dengan kadar kalium yang mencukupi, tubuh kita dapat menangkal efek tersebut.

5. Antioksidan yang Kuat

Masih menurut Olszewski, air kelapa juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralisir radikal bebas berbahaya dalam tubuh, dan melindungi sel dari stres oksidatif.

Eksplorasi teori ini dilakukan lewat penelitian terhadap hewan. Jadi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia, guna menentukan seberapa kuat efek pencegahannya.

Meski memiliki sekian banyak manfaat dan keajaiban, minum air kelapa setiap hari tidak disarankan bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Salah satunya mereka dengan kondisi ginjal yang kurang sehat, harus berhati-hati dengan jumlah air kelapa yang dikonsumsi. (mid)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?