Ngantuk Saat Bekerja? Atasi Dengan Beberapa Cara Ini

Atasi Ngantuk Saat Bekerja dengan Beberapa Hal ini (dok.alodokter)
Atasi Ngantuk Saat Bekerja dengan Beberapa Hal ini (dok.alodokter)

Blok-a.comNgantuk di tengah padatnya aktivitas pekerjaan merupakan suatu hal yang wajar. Tapi jika berlebihan,  tentu akan dapat mengganggu produktivitas kerja. 

Biasanya ngantuk dapat dihilangkan dengan minum kopi. Namun, apakah ada cara menghilangkan kantuk selain minum kopi? Ada beberapa cara yang bisa Anda coba. 

Power Nap

Salah satu cara yang dapat menghilangkan kantuk adalah power nap

Power nap merupakan istilah populer yang berarti tidur atau istirahat secara singkat. Power nap bisa dilakukan antara 15-45 menit. 

Direktur Sleep and Health Research Program University of Arizona, Tucson Dr. Michael Grandner memaparkan bahwa power nap telah dipraktekkan di perusahaan nasional seperti Google, Nike, hingga NASA. 

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengembalikan tenaga serta menghilangkan rasa lelah dalam tubuh. Tentu saja kegiatan ini dilakukan pada waktu Anda senggang yaa.

Aktif Bergerak di Tempat Kerja

Bergerak di sela-sela pekerjaan adalah salah satu cara yang dapat Anda coba. 

Bergerak di sini bisa meliputi pergi ke kamar mandi, mengangkat panggilan hp, berjalan ke meja teman untuk berdiskusi atau bergurau bersama, hingga melaksanakan ibadah. 

Dengan bergerak seperti itu, tidak hanya membantu menghilangkan rasa kantuk. Namun juga akan membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh karena terlalu banyak duduk. 

Frontiers in Public Health menjelaskan dalam salah satu studinya bahwa istirahat dengan bergerak, misal jalan kaki dapat membantu dalam meningkatkan performa mengingat, menganalisa, hingga menyelesaikan tugas.  

Mencuci Muka Dengan Air Dingin

Hal sederhana yang dapat dilakukan ketika ngantuk melanda yaitu mencuci muka.

Sebaiknya gunakan air dingin ketika membasuh wajah Anda. Sensasi air dingin akan membantu Anda lebih segar dan rasa ngantuk akan hilang. 

dr. Amadeo Drian Basfiansa menjelaskan, ngantuk merupakan sinyal bahwa tubuh kita lelah dan membutuhkan istirahat. Upaya umum yang dapat dilakukan ketika ngantuk ialah mencuci muka, mengonsumsi kopi, hingga mengonsumsi minuman berenergi sesuai jumlah yang dianjurkan. 

Istirahatkan Mata dari Layar Komputer

Bekerja dengan menatap layar komputer selama berjam-jam tak cuma bisa menyebabkan ngantuk, tetapi juga kepala pusing, otot tegang, serta stres. 

Dokter Spesialis Mata, dr. Dian Hadiany Rahim, SpM menganjurkan istirahat atau beranjak dari layar komputer selama 15 menit setiap 2 jam. Hal ini dilakukan untuk menghindari mata tegang atau gejala lain yang akan berdampak serius bagi kesehatan mata. 

Oleh sebab itu, coba untuk alihkan fokus dan pandangan Anda menjauhi layar komputer.  

Dengarkan Musik Bertempo Cepat

Mendengarkan musik adalah salah satu penambah semangat serta energi ketika bekerja. 

Saat ngantuk, cobalah untuk mendengarkan musik bertempo cepat. Contohnya musik dengan genre rock, pop, dan lain-lain. 

dr. Rio Aditya menyatakan bahwa musik bertempo cepat dapat mengalihkan perhatian, rasa nyeri, lelah, hingga dapat meningkatkan suasana hati. Cara ini berguna untuk mengatasi kantuk karena suasana akan menjadi hidup dan lebih ceria. 

Konsumsi Camilan Sehat

Sebagian orang mengalami ngantuk saat bekerja biasanya karena makan atau ngemil terlalu banyak. 

Namun, mengkonsumsi camilan sehat dapat menghilangkan rasa kantuk Anda. Camilan yang sehat di antaranya kacang-kacangan, buah, yogurt, serta telur rebus. 

dr. Valda Garcia menjelaskan bahwa mengunyah camilan seperti kacang-kacangan cukup ampuh untuk mengusir rasa ngantuk. Sebab, kacang-kacangan akan menjaga kadar gula darah serta insulin Anda tetap stabil. 

Minum Air Putih yang Cukup

Kurang cairan atau kurang minum merupakan salah satu penyebab ngantuk. Kekurangan cairan atau dehidrasi menyebabkan lelah, ngantuk, dan hilangnya fokus serta konsentrasi. 

Minum air putih yang cukup setara dengan 8 gelas atau 2 liter air untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh serta menjaga metabolisme tubuh agar tidak cepat lelah. 

Cara ini di dukung oleh penjelasan dr. Nadia Octavia bahwa konsumsi air putih yang cukup dapat menjadi salah satu cara mengatasi ngantuk. Selain itu, air putih juga dapat melegakan tenggorokan. ia juga menyarankan untuk menyediakan air dingin untuk menyegarkan kembali tubuh yang ngantuk. 

Mengatur Pernapasan

Saat merasa ngantuk, Anda sebaiknya mengatur pernapasan. 

dr. Gia Pratama menjelaskan apabila kita di serang rasa ngantuk yang berat, dan posisi kita tidak bisa meninggalkan pekerjaan atau sedang rapat, coba untuk menahan nafas maksimal 20 detik, lalu buang nafas secara perlahan. 

Lakukan cara tersebut hingga 3 kali untuk mencukupi kadar oksigen dalam otak yang dapat menghilangkan rasa kantuk Anda.  (mg4/lio)

Penulis: Amelia Puspa Ningrum (Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?