Malam Idul Fitri 2024 Lakukan Amalan Sunnah Ini

Gus Baha. (Dok. Ponpes Almunawwir)

Blok-a.comMalam Idul Fitri merupakan waktu yang istimewa bagi umat Muslim untuk merayakan kemenangan setelah menjalani bulan Ramadhan penuh berkah.

Di tengah kebahagiaan tersebut, ulama seperti Gus Baha memberikan panduan tentang amalan sunnah yang dapat dilakukan untuk mengisi malam idul fitri.

Menurut Gus Baha (https://www.youtube.com/watch?v=5bTKukWZSCc), ada tiga amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam Idul Fitri 2024 ini, yang dapat membawa berkah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pertama-tama, silaturahmi, atau menyambung tali persaudaraan. Gus Baha menekankan pentingnya menjalin hubungan baik dengan keluarga, teman, dan tetangga sebagai bagian dari kehidupan sosial yang Islami.

Selanjutnya, Gus Baha menekankan pentingnya berbuat baik kepada orang tua. Malam Idul Fitri merupakan waktu yang tepat untuk menghormati dan menyayangi orang tua, serta membantu mereka dengan segala cara yang mungkin.

“Mari berbuat baik sebanyak-banyaknya kepada orang tua. Mulai dari hal kecil, seperti membuatnya tersenyum di malam Idul Fitri ini, atau membantu pekerjaan rumah, atau hal-hal baik lain yang dapat membuat kedua orang tua tidak kecewa,” tuturnya.

Amalan ketiga yang disarankan adalah menyebarkan kabar baik kepada mereka yang sedang sakit.

Gus Baha menjelaskan bahwa berbuat baik kepada sesama, termasuk dalam bentuk memberikan kabar baik kepada yang sakit, adalah salah satu cara untuk mendapatkan pahala dan berkah dari Allah SWT.

Selain amalan-amalan tersebut, Gus Baha juga memberikan pesan-pesan penting tentang rukun Hari Raya Idul Fitri.

Selain shalat Idul Fitri dan berzakat fitrah, Gus Baha menekankan pentingnya meramaikan takbiran terutama di malam hari raya, berhias diri dengan pakaian baru, dan menikmati makanan enak sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Dengan memperbanyak amalan sunnah seperti silaturahmi, berbuat baik kepada orang tua, dan menyebarkan kabar baik kepada yang sakit, serta mematuhi rukun Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim dapat mengisi malam Idul Fitri dengan kebaikan, berkah, dan kebahagiaan yang sejati.

Semoga malam yang penuh berkah ini menjadi momen yang membawa keberkahan dan kedamaian bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. (art/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?