banner 728x250

Antisipasi PMK Polres Probolinggo Kota Cek kesehatan Sapi Milik Warga

banner 120x600
banner 468x60

Kota Probolinggo, blok-a.com – Polres Probolinggo kota bersama Dokter hewan memberikan sosialisasi cara menanggulangi Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada sapi. Sosialisasi dilakukan kepada peternak sapi perah yang ada diwilayah Kecamatan Mayangan tepatnya di Jalan Ikan Tongkol Kelurahan Mayangan. Sabtu (14/05/22)

Sosialisasi dilakukan dengan cara memberikan edukasi kepada peternak sapi perah untuk menjaga kebersihan kandang dan kesehatan sapi agar tidak tertular PMK.

banner 325x300

Petugas yang tergabung di satgas PMK Polres Probolinggo kota ini, juga melakukan pemeriksaan kepada sapi-sapi dan menghimbau kepada peternak agar melakukan Penyemprotan di sekitar kandang dengan disinfektan.

KBO Satbinmas Polres Probolinggo kota. Iptu Mugi SH. mengatakan giat ini pihaknya melakukan penyuluhan kepada peternak sapi agar tidak tertular PMK.

“Hari ini kita melakukan cek dan ricek sekaligus memberikan penyuluhan terhadap ternak sapi, yang kebetulan bertempat di rumah Abu Amar warga kelurahan Mayangan yang merupakan peternak sapi perah,” ujar Iptu Mugi.

“Alhamdulillah dari hasil cek kesehatan melalui Dokter Hewan tidak ada temuan sapi milik Abu Amar yang terjangkit PMK,” imbuhnya.

Iptu Mugi menambahkan bahwasanya diantara ciri ciri sapi yang terjangkit PMK adalah nafsu makan berkurang, mengeluarkan air liur berlebih dari mulutnya, suhu badan sapi tinggi dan khusus sapi perah hasil susunya drastis turun.

“Untuk itu dari dinas kesehatan dan peternakan Kota Probolinggo akan melakukan pengecekan satu bulan dua kali,” tandasnya.

Sementara, Abuamar pemilik sapi mengaku merasa senang, sapi-sapi miliknya tidak ada yang terjangkit PMK, dan mengapresiasi petugas yang memberikan sosialisasi dan edukasi seputar penyakit sapi PMK. (Inos)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.